13 Apr 2018 17:21

Uji Coba BPNT Untuk Bolmong Ditunda

MyPassion
dr Rinny Tamuntuan

MANADOPOSTONLINE.COM - Rencana uji coba Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang akan disalurkan di kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) ditunda.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut dr Rinny Tamuntuan penundaan tersebut dikarenakan adanya kendala dari pihak-pihak terkait.

"Kami dapat informasi dari pihak bank dan warung pangan di sana (Bolmong, red) masih belum siap. Jadi kemungkinan akan terealisasi awal Mei 2018," sebut Tamuntuan kepada Manado Post Online.

Terpisah, kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemprov Sulut Franky Manumpil menyampaikan mekanisme penyaluran BPNT setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan diberikan voucher non tunai dari salah satu bank swasta.

Voucher yang dimiliki KPM berisi saldo Rp.110.000. Dimana Manumpil menerangkan jumlah tersebut telah ditentukan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

"Jadi masyarakat saya kira lebih dipermudah menggunakan voucher dengan memberi bahan pokok sesuai kebutukan kalau sebelumnya hanya diganti rastra (beras sejahtera). Tapi ini lebih banyak pilihan misanya beras, minyak, gula. Jika saldo habis, bulan berikut masyarakat bisa mengisinya kembali dengan tetap belanja Rp 110 ribu," terangnya.

Diketahui, program BPNT ini diperuntukkan untuk masing-masing kabupaten/kota.

Selain Kabupaten Bolmong, program ini juga menyusul di kota Manado, Tomohon, Bitung dan kota Kotamobagu. Selain Dinsos, program ini juga terkait dengan pihak Bank dan Bulog. (gab)

Kirim Komentar