13 Apr 2018 14:03

Dirjen Aptika Puji Command Center Manado

MyPassion
DUKUNG: Wawali Kota Manado Mor Bastiaan, Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Pangerapan, dan Kadis Kominfo Erwin Kontu.

MANADO—Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Manado menggelar talk show smart city transformasi digital menuju kota cerdas. Kegiatan dilaksanakan di Serbaguna Kantor Wali Kota, Kamis (12/4), kemarin, dihadiri Dirjen Aptika Kemenkominfo Samuel Pangerapan, Wakil Wali Kota (Wawali) Manado Mor Bastiaan, Sekkot Drs Rum Usulu, dan asisten, staf ahli, serta pimpinan SKPD, serta penggiat IT.

Pangerapan mengaku tidak menduga setelah melihat command center Kota Manado sudah sangat maju. ”Manado memiliki landasan menuju kota cerdas. Karena sudah memiliki command center. Ini menjadi kebutuhan zaman sekarang dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Mor Bastiaan mengatakan, command center Manado dibangun Februari 2017, usianya baru setahun lebih. “Sejak saat itu pembangunan command center kami pacu untuk menjawab tuntutan zaman. Karena dinamika kota sudah semakin maju,” ungkapnya.

Menurut dia, sekarang masyarakat sudah mau instan. Mulai dari pelayanan sampai pelaporan. Kalau dulu laporan permasalahan prosesnya lama baru sampai kepada pimpinan. Tindaklanjutnya berbulan-bulan. “Tetapi dengan adanya command center laporan permasalahan di masyarakat cepat lewat aplikasi qlue dan langsung ditindaklanjuti,” paparnya.

Dia menambahkan, Pemkot membuat command center untuk menyelesaikan permasalahan di kota dengan cepat. “Walaupun belum semua masalah bisa diselesaikan dari command center. Tapi paling tidak kita sudah tidak ketinggalan untuk mengejar kemajuan teknologi,” ungkapnya.

Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu mengucapkan terima kasih kepada Dirjen yang telah memberikan materi. “Kami berharap kegiatan ini memberikan masukan untuk membangun smart city sesuai visi Wali Kota Manado Dr Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan SE,” pungkasnya.(ite/gel)

Kirim Komentar