12 Apr 2018 17:32

Waduh, Trump Ancam Kirim Rudal ke Moskow

MyPassion
Trump mengancam Rusia karena mendukung Syria yang ia nilai menggunakan senjata kimia (AP)

MANADOPOSTONLINE.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan Rusia bisa terjadi aksi militer di Syria atas dugaan serangan gas beracun di Douma, Syria. Trump juga mengancam akan mengirim rudal ke Moskow karena Rusia terus berdiri dan mendukung Presiden Syria, Bashar Al Assad.

Gedung Putih menolak adanya ancaman Trump tersebut. Gedung Putih menyebut, Trump belum menjadwalkan tindakan apa pun. Semua opsi masih ada di meja dan dia masih berpikir cara menanggapinya.

Ancaman Trump via Twitter akan mengirim rudal ke Rusia merupakan reaksi terhadap peringatan dari Rusia yang mengatakan, rudal AS telah menembaki Syria atas serangan mematikan pada Sabtu (7/4). Daerah tersebut merupakan daerah pemberontak Syria di Douma yang terletak di dekat Damaskus, yang menjadi lokasi target Pemerintah Syria.

Komentar Trump tersebut kemudian meningkatkan prospek konflik langsung atas Syria antara dua kekuatan dunia, AS dan Rusia. Kedua kekuatan dunia itu mendukung pihak-pihak yang bertikai dalam perang saudara selama tujuh tahun untuk pertama kalinya. Perang tersebut telah memperburuk ketidakstabilan di Timur Tengah.

"Rusia berjanji akan menembak jatuh semua rudal yang diluncurkan ke Syria. Bersiaplah Rusia, karena rudal-rudal akan datang secara bagus, baru, dan pintar," tulis Trump di akun Twitter-nya.

Selain itu, Trump juga membuat cuitan lainnya yang mengacu pada aliansi Moskow dengan Assad yang berisi, "Anda seharusnya tidak bermitra dengan Hewan Pembunuh yang menikmati membunuh rakyatnya!"

Kementerian Luar Negeri Rusia kemudian mengatakan, rudal pintar harus terbang menuju teroris, bukan ke arah pemerintah yang sah. Damaskus dan Moskow kemudian menolak untuk bertanggung jawab dan mengatakan bahwa insiden tersebut adalah palsu.

Akibat serangan gas kimia tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan puluhan orang dan ratusan warga Douma terluka. (jpg/mpo)

Kirim Komentar