12 Apr 2018 13:59

Terminal Liwas Nyaris Rusak, Sigit: Nanti Beroperasi 2019

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Bangunan megah Terminal Tipe A Liwas, berdiri di Kelurahan Ronomuut, Kelurahan Paal Dua. Sayangnya, gedung yang didominasi warna biru itu hingga saat ini belum difungsikan. Sorotan pun diarahkan legislator DPRD Kota Manado Roy Maramis. Dia mempertanyakan mengapa fasilitas penunjang transportasi tersebut belum difungsikan, padahal sudah selesai dibangun.

”Kami minta instansi teknis mempertanyakan kenapa belum difungsikan. Padahal sudah selesai dibangun. Sebab Terminal Liwas itu dibangun dari dana pemerintah sudah sepatutnya harus segera difungsikan,” ungkapnya. Maramis takutkan, bangunan tersebut sudah rusak lebih dulu baru beroperasi. “Banyak juga laporan masyarakat pada kami, lokasi bangunan ini mulai dijadikan tempat kumpul-kumpul anak muda yang melakukan aktivitas tak terpuji,” tukasnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Sigit Mintarso mengakui gedung Terminal Tipe A Liwas sudah selesai dibangun. Tapi belum tuntas semuanya. Seperti pengaspalan di sekitar terminal, lampu penerangan, taman, dan plafon gedung. “Kami telah menganggarkan 5 miliar untuk finishing Terminal Liwas,” ujarnya.

Dia menambahkan, belum beroperasinya terminal itu karena tidak ada akses jalan representatif. “Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Manado dan Provinsi Sulut untuk membuka akses jalan dari Terminal Liwas ke jalan ring road. Panjangnya sekitar 685 meter,” sebutnya. 

Dia menjelaskan, jika akses jalan selesai dibuka tahun ini, maka 2019 Terminal Liwas bisa dioperasikan. ”Nantinya bus antar provinsi dari Gorontalo dan Palu yang parkir di Terminal Malalayang dipindah di Terminal Liwas,” pungkasnya. Dari pantauan Manado Post, di sekitar Terminal Liwas sudah ditumbuhi ilalang.(ite/gel)

Kirim Komentar