11 Apr 2018 14:39

PN Manado Gelar Survey Fenomena Pungli

MyPassion
KOMPAK: Tim survey pungli PN Manado.(pm)

MANADO - Esensi reformasi birokrasi yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo, terus digenjot Pengadilan Negeri (PN) Manado. Dengan menggelar survey terkait fenomena pungutan liar (Pungli) terhadap sejumlah responden.

 

Kegiatan survey tersebut mulai digelar, Rabu (11/4). Dimana, ada ratusan responden yang mendapat selebaran survey terkait Pungli dan pelayanan kerja PN Manado.
Terkait hal ini, Ketua PN Manado, Edward TH Simarmata ketika dikonfirmasi melalui Juru Bicara Hakimnya, Vincentius Banar, membenarkan tengah berlangsungnya survey tersebut.
Bahkan, Banar menitikberatkan bahwa dari sejumlah pertanyaan yang diajukan kepada responden, hal mengenai fenomena Pungli juga ikut menjadi point pertanyaan.
"Apakah ada hambatan dalam pelayanan di PN Manado, dan apakah ada dimintai membayar pungutan liar, pertanyaannya seputar itu," ungkap Banar.
Selebihnya, Banar menuturkan kalo pelaksanaan survey ini dikoordinir langsung Hakim Arkanu selaku Hakim Koordinator Penanganan Pengaduan.
Adapun point pelaksanaan survey ini, tujuannya mengacu pada empat point. "Ada 4 (empat) alasan mengapa survey ini dilakukan. Pertama, PN Manado sedang memasuki tahap akhir pemenuhan persyaratan menjadi anggota Konsorsium Internasional Pengadilan Unggul Seluruh Dunia. Kedua, pembuktian dari pelaksanaan akreditasi pengadilan adalah apakah pelayanan hukum di PN Manado telah sesuai ketentuan. Ketiga, dengan diberlakukannya meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), apakah masih ada kelemahan pelayananan yang harus diantisipasi. Dan terakhir, apakah aparatur PN Manado telah siap menerima perubahan, untuk menjadi yang lebih baik," papar Banar.
Selain itu, Banar mengemukakan bahwa pelaksanaan survey ini, tak lepas dari instruksi Mahkamah Agung (MA) RI. "PN Manado hanya menjalankan perintah dari MA RI untuk menjadi pengadilan yang lebih baik. Survey ini berisi 19 (sembilan belas) pertanyaan. Target responden setidaknya 500 (lima ratus) orang. Periode pelaksanaan sekitar 3 (tiga) minggu, dan berlokasi di gedung PN Manado," tuntasnya.(agw)

Kirim Komentar