11 Apr 2018 21:05

Ini Kunci Penanganan Anak Autisme

MyPassion
Salah satu pertunjukan seni tari yang dibawakan oleh anak-anak autisme dan berkebutuhan khusus dalam kegiatan bertema Creative Autism yang digawangi Kawanua Creative dan Megamall. (Kawanua Creative for MPO)

MANADOPOSTONLINE.COM - Pemeriksaan sedini mungkin menjadi kunci penanganan terhadap anak yang didiagnosa autisme. Semakin cepat orang disadari, semakin cepat dan optimal pula penanganan yang bisa dilakukan.

Hal ini dijelaskan Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak DR Dr Hesti Lestari SP A (K) di Talkshow bertema Creative Autism yang digelar Kawanua Creative. "Yang paling penting responsif. Semakin cepat menyadari, semakin cepat mulai penanganan, semakin cepat pula perkembangannya," ungkapnya.

Ia menjelaskan, autisme ini merupakan gangguan selayaknya penyakit yang memiliki ringan hingga berat. "Dan ringan beratnya penanganan, tergantung dari secepat apa anak autisme ini mendapatkan penanganan. Jika penanganannya dari usia muda tentu hasilnya jauh lebih baik," jelasnya.

Hal senada datang dari Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Sulut Hannah Monareh M Psi. "Harus ada penanganan sedini mungkin. Pengalaman, sudah di usia remaja baru diperiksakan, ini penanganannya tidak akan seoptimal jika masih di usia dini," terangnya. (rgl)

Kirim Komentar