10 Apr 2018 09:22

Mantan Gubernur Sulut Resmi Pimpin Sulawesi Selatan

MyPassion
RESMI: Mendagri Tjahjo Kumolo melantik Plt Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (9/4). (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)

JAKARTA—Mantan gubernur Sulut dan DKI Jakarta, Soni Sumarsono resmi dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Dirjen Otonomi Daerah itu menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang masa jabatannya berakhir pada Minggu (8/4) kemarin.

Pelantikan Plt Gubernur Sulsel dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Acara berlangsung di Kantor Gubernur Sulsel, Kota Makassar, Senin (9/4).

Sumarsono dikenal sebagai salah satu pejabat senior di lingkup Kemendagri, yang kenyang pengalaman birokrasi. Salah satunya, ia menjadi Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Berkat profesionalitas dan kewibawaannya, ia diberi amanah sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta.

Mendagri menunjuk Sumarsono sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta menggantikan sang petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, selama cuti kampanye untuk mengikuti Pilgub DKI 2017.

Bagi Soni, sebetulnya, bukan pertama kali baginya menjabat sebagai Pit Gubernur, karena pada tahun 2015, ia juga pernah menduduki posisi yang sama sebagai Plt Gubernur Sulawesi Utara.

Pemilihan Soni bukan tanpa alasan. Pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur pada 22 Februari 1959 ini memang layak mendapatkannya. Ia membangun kariernya sebagai pegawai negeri setelah lulus dari menempuh pendidikan S1 di Administrasi Negara Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Untuk menunjang kemampuan tugasnya, ia pun meneruskan kuliahnya ke luar negeri. Soni pun melanjutkan S2 dengan mengambil Manajemen Pembangunan The Asian Institute of Management (AIM), Filipina. Sementara gelar doktornya, ia raih setelah menyelesaikan S3 Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Sejak itu, ia berhasil menduduki beberapa posisi. Di antaranya, Direktur Keserasian Pembangunan Daerah, Direktur Pengembangan Wilayah, Sekretaris Direktorat Jenderal Bangda Kementerian Dalam Negeri, dan Direktur Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat pada Direktorat Jenderal PMD Kemdagri.

Pada tahun 2010, Soni Sumarsono dipercaya sebagai pimpinan ASDEP Pengelolaan Lintas Batas Negara, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP. Selain sebagai ASDEP, ia menjadi Ketua TIM DELAPAN yang berfungsi sebagai dapur pemikiran dan aksi untuk pemeliharaan dan manajerial di perbatasan negara.

Lima tahun kemudian, berkat kinerja, kemampuan, dan intelektualnya, Soni terpilih memegang jabatan penting di Departemen Dalam Negeri setelah mengikuti sistem seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya tahun 2015. Ia terpilih sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

Tjahjo berpesan kepada Soni untuk menjaga situasi tetap kondusif selama Pilkada Serentak 2018. Serta memastikan roda pemerintahan di Sulsel berjalan normal. “Saya harap agar melanjutkan program gubernur sebelumnya yang telah berhasil. Yang tak kalah penting, harus menjaga netralitas. Termasuk bagi para ASN (Aparatur Sipil Negara) di momen pilkada,” pesan Tjahjo dilansir JawaPos.com (grup Manado Post).

Tjahjo juga menekankan kepada Soni segera berkoordinasi dengan semua elemen agar menjamin jalannya roda pemerintahan. Baik dengan DPRD, KPU, Panwas, Kepolisian dan TNI, tokoh masyarakat, hingga perguruan tinggi.(gnr)

Kirim Komentar