07 Apr 2018 12:38

4.300 Kendaraan Wajib KIR

MyPassion

SITARO—Sekira 4.300 kendaraan roda dua dan empat di Kabupaten Kepulauan Sitaro diwajibkan mengikuti uji kelayakan (KIR) di Dinas perhubungan (Dishub) Sitaro. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Sitaro Djony Muntiaha. Ia membeberkan, angka tersebut masih bisa berubah, sebab jumlah kendaraan terus meningkat setiap tahun. "Kita sementara melakukan pendataan kendaraan. Sebab 4.300 kendaraan tersebut data 2017. 3.700 kendaraan roda dua dan 600 roda empat," ujarnya.

Ia menambahkan, uji kelayakan ini merupakan hal yang perlu dilakukan. "Terutama angkutan umum. Mengingat medan di Sitaro khususnya Pulau Siau, banyak tanjakan tinggi dan turunan curam. Wajib mengutamakan keselamatan penumpang bagi mobil angkutan. Truk material dan lain-lain seperti pengangkut pasir dan batu juga diberlakukan hal yang sama," terangnya.

Meski demikian kata Muntiaha, pihaknya juga perlu melengkapi fasilitas KIR untuk melakukan deteksi kendaraan yang lebih detail. “Sebab banyak alatnya masih kurang. Saat ini kita sudah memiliki alat KIR seperti timbangan, alat pemeriksa rem, dan lampu," kuncinya.

Sementara itu tokoh muda Sitaro Romly Ambalao SH menambahkan, banyaknya kendaraan yang sudah tidak layak jalan di Sitaro memerlukan penindakan tegas dari pemerintah. "Salah satunya masih ada truk yang tidak memiliki penutup belakang tetap memuat material. Perlu ada razia maupun tindakan hukum, agar ada efek jerah. Karena kendaraan pengangkut maupun penumpang, wajib hukumnya ikut KIR," kuncinya. (drp/gel)

Kirim Komentar