06 Apr 2018 15:49

Siap Meluncur, Akankah Xiaomi Redmi Note 5 Lebih Murah Dari Harga di India?

MyPassion
Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang memiliki dua kamera tersusun vertikal mirip iPhone X. (TechNave)

MANADOPOST– Xiaomi beberapa hari ini mengumbar smartphone terbarunya yang akan hadir di Indonesia. Bukan produk baru, sebab sudah lebih dulu muncul di pasar India medio Februari lalu.

Ya, dialah Xiaomi Redmi Note 5 yang di India dibanderol dengan harga mulai dari INR 9.999 atau setara dengan Rp 2,1 juta. Jika masuk Indonesia, akankah harganya lebih murah atau lebih mahal?

Pengumuman peluncuran Redmi Note 5 tanggal 18 April mendatang dihembuskan melalui beberapa akun media sosial Xiaomi di Indonesia, yakni melalui jejaring sosial Twitter, Facebook, maupun Instagram. Pada satu posting-annya yang diunggah di Twitter, tampak sebuah foto menampilkan kamera ganda yang disusun vertikal.

Xiaomi, Redmi Note 5 Pro

Screenshoot pengumuman peluncuran produk Xiaomi Redmi Note 5 di Twitter. (Screenshot)

 

“Siapa yang kemaren nanyain Redmi Note 5? RT (retweet, Red) buat kamu yang mau!” tulis akun Twitter @xiaomiindonesia membubuhi sebuah foto Redmi Note 5.

Ini tentu menarik karena tulisannya ‘Redmi Note 5’, namun mengapa gambarnya memiliki dua kamera yang mirip iPhone X? Kamera ganda tersebut sejatinya dimiliki oleh varian lain dari Redmi Note 5, yakni Redmi Note 5 Pro. Jika demikian adanya, kemungkinan yang akan meluncur di Indonesia akan berbeda dengan pasar India.

Ponsel Xiaomi dari keluarga Redmi Note 5 meluncur perdana di India pada 14 Februari lalu. Kemudian mulai dipasarkan pada 22 Februari, dan pada saat yang bersamaan, Xiaomi juga meluncurkan varian lain yakni Redmi Note 5 Pro.

Bicara spesifikasi, Redmi Note 5 hadir dengan layar 5,99 inci FHD+ full screen display dengan aspek rasio layar 18:9. Seperti smartphone kekinian lainnya, perangkat ini memiliki bingkai tipis yang dilindungi Gorilla Glass untuk perlindungan antigores, gesek, serta baret.

Smartphone 4G dual SIM ini mengadopsi prosesor Qualcomm, yakni chipset Snapdragron 625 2,0 GHz dengan GPU Adreno 506 yang dipadukan RAM 3/4GB serta ROM 32/64GB.

Pada sektor kamera, Redmi Note 5 dibekali kamera belakang 12 MP dengan dual LED flash, PDAF, low light enhancement, HDR, panorama, mode brust, serta face recognition. Menunjang kebutuhan swafoto, Redmi Note 5 dibekali dengan kamera depan beresolusi 5 MP dengan fitur Beauty 3.0, selfie countdown, dan face recognition, serta mampu mengabadikan video kualitas 720p/1080p 30fps.

Beralih ke Xiaomi Redmi Note 5 Pro, keunggulannya memang dual kamera utama yang memiliki desain vertikal mirip iPhone X. Xiaomi menghadirkan kamera dengan ukuran masing-masing sebesar 12 MP dan 5 MP. Terdapat pula LED Flash di tengah-tengah kamera utama. Sementara kamera depannya berukuran 20 MP dan dilengkapi LED Flash juga untuk mendukung kegiatan swafoto.

Sisi menarik lainnya ialah memakai chipset Snapdragon 636. Dikabarkan Xiaomi Redmi Note 5 Pro menjadi ponsel pertama yang dibekali Snapdragon 636. Hadir dalam 3 pilihan sekaligus, yakni pilihan RAM 3 GB dengan kombinasi penyimpanan internal 32 GB, RAM 4 GB dengan kombinasi penyimpanan internal 64 GB, serta RAM 6 GB dengan kombinasi penyimpanan internal 64 GB. Baterainya sendiri terbilang gambot, yakni berdaya tampung sebesar 4.000 mAh.

Kembali menyoal harga, apakah Xiaomi Redmi Note 5 yang akan dirilis di Indonesia akan lebih murah dari versi India? Jawabannya bisa jadi iya dan bisa jadi tidak. Bisa jadi lebih murah jika menilik ke belakang soal unit Xiaomi. Redmi 5A yang dijual akhir tahun lalu dibanderol dengan harga lebih murah dari pasar India dan rumahnya di Tiongkok. Bahkan smartphone tersebut sempat membuat geger dan disebut merusak harga pasaran.

Sementara bisa jadi lebih mahal jika membayangkan soal penambahan harga sebesar 30 persen untuk urusan pajak dan lain-lain sebelum unit ini sampai ke tangan konsumen. Kemudian faktor lainnya adalah Xiaomi yang perlahan mulai punya nama di pasar tanah air. Apalagi dengan hadirnya MiFans (Fans ponsel Xiaomi, Red) yang setia dengan produk murah Xiaomi. Sejauh ini belum ada penjelasan mendetail dari Xiaomi Indonesia mengenai duo Redmi Note 5 tersebut.

(ce1/ryn/JPC)

Kirim Komentar