29 Mar 2018 10:34

Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunan (Sibunga)

MyPassion
Robby Parengkuan SH Kepala Badan Keuangan Minahasa Utara

TEKNOLOGI citra satelit dalam penetapan Zona Nilai Tanah (ZNT), menggunakan aplikasi digitasi geographic information system dan web server.

Demi mewujudkan transparan pelayanan masyarakat cepat, tepat, guna dan akuntabilitas di Kabupaten Minahasa Utara.

Latar Belakang

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah Kabupaten Minahasa Utara tidak dibarengi dengan bertambahnya Pendapatan Asli Daerah.

Cakupan wilayah Kabupaten Minahasa Utara yang luas dan kaya dengan potensi alam belum terpetakan dalam Zona Nilai Tanah (ZNT) yang akurat.

Pesatnya laju perkembangan daerah karena diapit 3 kota besar, Bitung, Manado dan Minahasa Induk.

Mendukung program Nawacita Presiden RI. Membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.

Permasalahan Saat ini

Kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk mendaftarkan objek pajak PBB-P2. Terkendala pada Perda dan Perbub dalam optimasi peningkatan PBB-P2. Perubahan data bangunan yang tidak dilaporkan. Belum memiliki peta wilayah ZNT PBB-P2 yang akurat. Penentuan ZNT belum credible.

Rumusan Permasalahan

Wajib pajak yang enggan melaporkan kepemilikan ha katas tanah dan bangunan. Pengaruh anggota masyarakat yang lain untuk melakukan hal yang sama. Wajib pajak tidak tinggal di daerah kepemilikan PBB-P2. Belum ada regulasi hokum berdasarkan Perda dan Perbup untuk menaikan ZNT di Kabupaten Minahasa Utara. Peran dari pemerintah desa dan kelurahan yang belum optimal melaporkan perubahan perkembangan wilayah. Proses pelayanan yang belum maksimal.

Tujuan

Mengintegrasikan pengelolaan pajak bumi dan bangunan, untuk penggalian potensi penerimaan pajak di Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Meningkatkan penerimaan daerah sektor Pajak Asli Daerah (PAD). Memberikan kualitas layanan yang lebih baik kepada masyarakat pada umumnya, dan wajib pajak pada khususnya. Mempercepat laporan pendataan data dan terlisasi penerimaan pembayaran subjek pajak. Meningkatkan akurasi data penerimaan pembayaran subjek pajak. Mempermudah wajib pajak dalam menghitung besar pajak yang harus disetorkan. Meningkatkan efisiensi dalam pendataan dan pemungutan pajak. Menjadikan pendapatan daerah menjadi lebih transparan kepada masyarakat.

Manfaat

Internal: Mempermudah pengawasan perkembangan daerah karena dikontrol lewat jaringan dan citra satelit. Mempermudah dalam proses penagihan PBB-P2. Potensi pajak PBB-P2 sudah dapat diproyeksikan untuk tahun berikutnya. Mengubah sikap pegawai dalam melayani masyarakat untuk pengurusan PBB-P2.

Eksternal: Memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam mendapatkan informasi nilai jual tanah yang Reliable dan sesuai dengan aturan pemerintah dalam menentukan Zona Nilai Tanah di Kabupaten Minahasa Utara.

Mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi PBB-P2 karena dapat diakses pada website resmi Badan Keuangan Kabupaten Minahasa Utara.

Peraturan/Kebijakan

Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbup), proses bisnis pengelolaan PBB, pendataan dan penilaian, penetapan, pembayaran dan penagihan, pelayanan.

Hasil Yang Diharapkan

  • Sistem informasi berbasis web
  • Terintegriasi dengan aplikasi dan data pajak daerah yang ada
  • Menampilkan informasi Zona Nilai Tanah (ZNT)
  • Menampilkan status realisasi penerimaan pajak PBB-P2 berjalan
  • Terintegrasi dengan website induk Kabupaten Minahasa Utara
  • Tampilan digitasi peta ZNT dalam dua bentuk, 2 dimensi dan 3 dimensi
  •  memperlihatkan kontur lahan objek pajak
  • Informasi website dapat diakses masyarakat melalui media internet

Kirim Komentar