14 Mar 2018 10:59

Tunggu Instruksi Kenaikan Dandes

MyPassion
Roy Mewoh

MANADO—Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi mulai merencanakan kenaikan dana desa (Dandes) untuk 2019. Rencana tersebut menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) Roy Mewoh, masih sementara dimatangkan.

 

“Kalau instruksi tersebut sudah sampai, kita menyesuaikan dengan keputusan pusat. Dandes ini kan dimaksudkan untuk menekan angka kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa sesuai keinginan presiden,” sebutnya.

Dirinya mengatakan, indikator dari naik turunnya dandes adalah angka kemiskinan dalam satu desa ataupun suatu daerah. Jelasnya, jika angka kemiskinan turun, maka nominal dandes juga ikut menurun. “Tahun ini karena angka kemiskinan di Sulut turun, maka nominal dandes menurun,” ungkapnya.

Pengamat pemerintahan Dr Maxi Egeten mengatakan, dandes sekarang mendongkrak perekonomian desa. Namun dirinya mengatakan, penggunaan dandes masih terfokus pada infrastruktur. “Kesejahteraan masyarakat kan banyak. Salah satunya peningkatan ekonomi. Jadi jika ada usaha milik desa aktif, maka masyarakat sejahtera. Namun sekarang belum ada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) produktif,” ucapnya. Dirinya mengatakan, kepala desa masih belum paham betul penggunaan dandes.(tr-02/gel)

Kirim Komentar