14 Mar 2018 11:18

Transaksi Non Tunai Bantu ASN

MyPassion
GENJOT: Bupati Vonnie Anneke Panambunan didampingi Sekkab Jemmy Kuhu saat menggelar sosialisasi, yang diikuti seluruh kepala perangkat daerah, dan bendahara, Selasa (13/3) kemarin. Foto: Rianthy Kalalo/MP

MINUT—Mengimplementasikan transaksi non tunai, Bupati Minahasa Utara (Minut) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 15 Tahun 2018 dan Kas Daerah online versi 2.0. Tak hanya mengeluarkan peraturan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut juga langsung melakukan sosialisasi, bersama Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Bank SulutGo, di Kantor Bapelitbang, Selasa (13/3) kemarin.

Dalam sambutannya, VAP sapaan akrab Panambunan mengatakan, sebagai implementasi transaksi non tunai di lingkup Pemkab Minut, transaksi non tunai banyak memberi keuntungan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). “Maka, saya sangat mengharuskan untuk ASN yang ada di Pemkab Minut, menghadiri kegiatan ini, untuk menghindari penyimpangan transaksi keuangan daerah. Jadi marilah kita semua laksanakan transaksi non tunai dilingkup Pemkab Minut," harapnya.

Dibeberkannya, transaksi non tunai merupakan amanat dari surat edaran Mendagri  910/1866/SJ dan 910/1867/SJ tentang implemntasi transaksi non tunai pada pemerintah daerah. "Jadi kita tahu bersama ini juga merupakan tindaklanjut dari Intruksi Presiden Nomor 10 tahun 2016 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2016 dan 2017," jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Bank SUlutGo Meysi Kumurur mengatakan, berdasarkan surat edaran Mendagri, pemerintah provinsi maupun kabupaten harus mengimplementasikan transaksi non tunai. "Bank SulutGo mendukung solusi pengelolaan keuangan Pemkab Minut lewat transaksi non tunai," tukasnya.(ctr-07/ria)

Kirim Komentar