14 Mar 2018 09:37
Mr Joseph Donovan Jr Menikmati Kunjungannya di Manado

Tinutuan dan Nike Pikat Dubes AS

MyPassion
MENIKMATI: Dubes AS untuk Indonesia Mr Joseph Donovan bersama Wali Kota Manado Vicky Lumentut menikmati makan pagi sambil dihibur tarian.

Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Mr Joseph Donovan Jr mengungkapkan ketertarikannya akan kuliner Manado. Di antaranya bubur Manado dan nike.

 

Laporan: Yolister Karame/MP

JAMUAN sarapan khas Kota Tinutuan menyambut kehadiran Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Mr Joseph Donovan Jr, di rumah dinas (rudis) Wali Kota Manado, Selasa (13/4) kemarin. Di meja makan terlihat sudah tertata beberapa makanan yang memang sudah jadi identitas Manado.

Yakni tinutuan atau disebut juga bubur Manado dan nike. Sambil sarapan, Dubes yang disambut langsung Wali Kota GS Vicky Lumentut dan Ketua TP-PKK Prof Dr Julyeta PA Lumentut-Runtuwene, dihibur dengan lagu dari Unima Choir serta musik kolintang. Suasana sangat santai. Tampak Lumentut berbincang dengan Dubes layaknya kolega lama. Begitu juga Prof Runtuwene. Dialog tersebut sesekali diisi dengan tawa. Tinutuan dan nike begitu dinikmati Mr Donovan yang datang dengan setelah tangan pajang bercorak hijau ungu. Dia ditemani sang istri Mrs Mei Chou dan Konsul Jenderal (Konjen) AS di Surabaya Mrs Heather Variava.

Saat diwawancarai Manado Post, Donovan berterimakasih pada Wali Kota Manado yang telah menjamunya di rudis. ”Pertunjukan budayanya luar biasa,” ujar pria ramah ini. Dia pun mengakui ketertarikan terhadap kuliner Manado. ”Bubur Manado dan nike enak. Saya tertarik,” tukasnya, sembari menambahkan, kunjungan empat harinya di Sulawesi Utara untuk membangun kerja sama dengan bumi Nyiur Melambai ini. Lebih dari satu jam berada di rudis wali kota, Dubes pun pamit.

Wali Kota Lumentut terlihat sangat senang dengan sosok Dubes AS ini. “Saya tadi sempat tawarkan AS ikut membangun pariwisata di Manado dan bersedia boyong investor di sini,” kata Lumentut yang terlihat segar mengenakan kemeja putih berlengan panjang ini. Menurutnya, banyak hal yang dibicarakan Dubes dalam pertemuan tersebut. “Intinya beliau sangat tertarik dengan Manado, dan Sulut pada umumnya. Beliau juga siap menjembatani pengembangan berbagai sektor. Di antaranya pendidikan,” tutup Lumentut, tersenyum.(***)

Kirim Komentar