14 Mar 2018 14:13

Target Investasi di Bitung 500 Miliar

MyPassion

BITUNG—Investasi di Kota Bitung semakin menggeliat tahun ini. Karena itu, Dinas Penanaman Modal dan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menargetkan investasi sekira Rp 500 miliar masuk di Kota Cakalang 2018 ini.

"Sekarang sektor perikanan mengalami penurunan. Saat ini pemerintah sedang menggenjot investasi di bidang pariwisata. Kami ingin ada investasi seperti hotel di Kota Bitung. Namun sampai sekarang belum ada yang mengurus izin perhotelan," kata Kepala DPMPTSP Andrias Tirayoh, Selasa (13/3) kemarin di ruangannya.

Dirinya pun yakin target investasi ini bisa tercapai. Dengan melihat kedatangan Dubes Tiongkok baru-baru ini di Kota Bitung. "Kami harap juga akan banyak investor dalam negeri maupun luar negeri yang datang berinvestasi di Kota Bitung," harapnya.

Sementara itu Karlin Manoreh, Kepala Bidang Pelayanan Perizinan menjelaskan, per Januari-Maret sudah ada 394 pengurusan izin di DPMPTSP. Paling banyak yang diurus adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

"Jadi yang paling banyak dilakukan pelayanan perizinan sejak awal tahun adalah SIUP. Disusul izin trayek. Namun sesuai Perda untuk pengurusan izin trayek itu berbayar," jelasnya.

Lanjutnya, sesuai Perda Izin Trayek, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Tempat Penjualan Minuman Beralkohol (IPTMB), dan Surat Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) itu berbayar.

"Target pengurusan izin DPMPTSP tahun ini adalah 2.000 izin yang dikeluarkan," tutupnya.(tr-03/tan)

Kirim Komentar