14 Mar 2018 14:36

Pabrik Gula Semut Terlantar

MyPassion
BELUM DIFUNGSIKAN: Pabrik gula semut di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur. Foto lain: akses jalan menuju lokasi pabrik. Foto: Claudia Rondonuwu/MP

KOTAMOBAGU—Mulai dibangun sejak 2016 lalu, pabrik gula semut di Desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, belum juga dimanfaatkan. Bahkan bangunannya terkesan terlantar. Pantauan koran ini, rumput liar tumbuh subur di sekitar bangunan pabrik. Akses menuju pabrik juga masih memprihatinkan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Kotamobagu (KK) Hidayat Mokoginta mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pembangunan dan perawatan pabrik tersebut.

"Kami masih terus melakukan pembanguanan di situ, seperti pembuatan rumah promosi dan pemasangan instalasi listrik, itu sebabnya belum digunakan. Soal perawatannya kami juga terus melakukan pembersihan setiap bulannya," kata Hidayat, Selasa (13/03)

Untuk pembangunan rumah promosi tersebut lanjutnya, masih dalam perencanaan. "Untuk pembangunan rumah promosi, masih dalam perencanaan karena jangka waktu pembangunannya itu tiga tahun dan ini sudah tahun ke tiga, maka kami akan pacu selesai pada tahun ini," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga masih melakukan pelatihan pada kelompok tani gula semut tersebut. "Pada dasarnya para kelompok tani gula semut tersebut sudah pakar dalam pengelolahannya. Namun untuk penggunaan mesin pengolahaanya itu masih perlu pendampingan dan pelatihan," pungkasnya.(tr-05/tan)

Kirim Komentar