14 Mar 2018 14:43
Seleksi Tinggal Tunggu Rekomendasi KASN

Minsel Bakal Miliki Sekkab Baru

MyPassion
Ilustrasi

MINSEL—Waktu pelaksanaan seleksi sekretaris kabupaten (Sekkab) Minahasa Selatan (Minsel), masih misterius. Padahal, panitia seleksi (pansel) sudah terbentuk sejak awal tahun. Bahkan, informasi didapat, Sekkab Danny Rindengan telah menyampaikan permohonan pensiun sebelum masa dinasnya berakhir, Oktober nanti.

 

Rindengan disinyalir mengambil keputusan tersebut untuk memuluskan rencananya maju sebagai calon anggota legislatif Sulut. Pasalnya, April mendatang, proses pendaftaran caleg sudah mulai dibuka. Sementara caleg berstatus ASN sudah harus mengundurkan diri. Tak ayal, seleksi sekkab berpeluang digelar awal bulan depan.

Menanggapi hal itu, Rindengan mengatakan, semua hal telah dikomunikasikan dengan Bupati Christiany Eugenia Paruntu. "Kalau sudah diperintahkan, kita siap menjalankan. Tapi saat ini saya fokus masih sebagai birokrat," ungkapnya, kemarin.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Ferdinand Tiwa masih enggan banyak membeber terkait proses seleksi. "Yang pasti pansel sudah ada. Empat akademisi Unsrat. Dua pejabat pemprov. Dan di masing-masing instansi kami sudah menyurat. Mereka siapa? tunggu saja,” bebernya.

Dia mengindikasikan proses akan berlangsung sebelum Rindengan pensiun. Sehingga kemungkinan adanya penunjukan pelaksana tugas makin kecil. Namun, dia membeber seleksi terbuka tak akan dibuka secara umum. Sejumlah persyaratan di antaranya, pejabat eselon II, berusia minimal 53 tahun dan telah mengikuti PIM II.

“Kalau dibuka untuk umum bisa dari pusat, provinsi atau daerah lain mendaftar. Tetapi kalau sekarang mungkin di internal saja, sebab kita di pemkab masih banyak kader,” jelasnya.

Berdasarkan penelusuran Manado Post, dua birokrat senior pemprov yang menjadi anggota pansel adalah Kepala BKD Femmy Suluh dan Asisten I Setprov Edison Humiang. "Kami sudah dihubungi. Terkait waktu pasti, masih menunggu rekomendasi KASN," ungkap Suluh.

Beragam spekulasi pun muncul jelang berakhirnya masa tugas Sekkab Danny Rindengan. Sejumlah nama menguat mengisi jabatan tertinggi birokrat Minsel. Di antaranya, Asisten Bidang Administrasi Umum James Tombokan, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Denny Kaawoan, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkot Manado Barat Assa.(jen/ria)

Kirim Komentar