14 Mar 2018 10:48
Wakalopresta: Aplikasi Ini Miliki Panic Button Terkoneksi ke 1.067 Polisi

Lapor Kriminalitas di Manado Kini Bisa Pakai Smartphone

MyPassion
FX Surya Kumara

MANADO—Polresta Manado tak mau ketinggalan teknologi informasi. Baru-baru ini, mereka meluncurkan aplikasi android bertajuk ‘Polisi Manado’. Aplikasi ini memiliki fitur panic button. Sekali tekan, pertolongan bagi warga yang merasa terancam segera datang.

“Aplikasi berbasis android ini memiliki berbagai fitur, seperti laporan kriminalitas, kemacetan, daftar SIM online, SKCK online dan pelayanan 110,” beber Wakapolresta Manado AKBP Arya Perdana. “Yang paling unik, aplikasi ini memiliki fitur panic button, yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kejadian yang sangat gawat dan mendesak, hanya dengan memencet satu tombol saja,” ungkapnya lagi.

Perdana pun menjelaskan cara kerja aplikasi. Setelah ditekan, secara otomatis aplikasi ini akan terkoneksi dengan alarm di 1.067 ponsel milik anggota polisi di jajaran Polresta Manado. “Sehingga akan langsung berbunyi, dan kejadian dengan cepat akan segera direspon anggota,” beber mantan Dantim Barracuda Polda Sulut ini.

Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara mengapresiasi peluncuran aplikasi berbasis android itu. Ia menjelaskan, aplikasi dibuat dengan tujuan memudahkan anggota Polri. Khususnya di jajaran Polresta, dalam menangani berbagai macam gangguan kamtibmas, kemacetan, kriminalitas serta laporan kondisi sosial masyarakat. “Ini untuk meningkatkan pelayanan dan merespon cepat setiap laporan atau tindak kriminal, yang terjadi di wilayah hukum Polresta Manado,” papar mantan Kapolres Minahasa Selatan tersebut.

Kombes Kumara berharap, aplikasi ini dapat digunakan masyarakat Manado, untuk menjaga situasi kamtibmas agar lebih baik dan kondusif. “Terus menciptakan Manado yang aman dan tenteram, menjadi tujuan kami melalui aplikasi ini,” pungkas perwira berpangkat tiga bunga melati tersebut.(ran/gnr)

Kirim Komentar