14 Mar 2018 11:17

Kelangkaan Pupuk Urea Teratasi Pekan Depan

MyPassion
LANGSUNG ACTION: Distanakbun langsung melakukan sidak disejumlah distributor pupuk di Minut, Selasa (13/3) kemarin.

MINUT—Keluhan warga Minahasa Utara (Minut) khususnya petani terkait adanya kelangkaan pupuk urea, bakal teratasi pekan depan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Minut Ir Jan Sinaulan MSi. Dikatakan Sinaulan, Selasa (13/3) kemarin, pihaknya langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) disejumlah distributor pupuk.

“Dan ternyata memang, ada keterlambatan dari pihak penyedia, yakni PT Pertani. Mereka sudah mengakui kesalahan dari mereka. Tetapi sesuai pernyataan mereka, minggu ini pupuk tersebut sudah tersedia, karena mereka sudah ada DO,” jelasnya.

Lanjut Sinaulan, Distanakbun sudah melakukan usulan kepada penyalur pupuk yang bekerjasama dengan pemerintah, khususnya yang menyalurkan pupuk subsidi bagi petani. “Kami sudah menyampaikan semua kebutuhan petani se-Minut, tinggal penyedia yang akan mendistribusinya. Memang salah satu kendala kami juga, adalah penyaluran pupuk subsidi pemerintah ini.

Jangan sampai pupuk subsidi dijual kepada pengusaha dan petani akhirnya mengeluh tidak ada pupuk, padahal mereka yang jual sendiri. Semoga kedepan tidak akan ada hal seperti ini. Agar ketersediaan pupuk di Minut tetap terpenuhi sesuai kebutuhan,” kuncinya.(ria)

Kirim Komentar