14 Mar 2018 11:00

Diduga Langgar Aturan Pilkada, ASN Dilaporkan ke KASN

MyPassion

TALAUD—Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Talaud dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Mereka diduga bersikap tidak netral dengan mendukung salah satu calon.

 

“Secara berjenjang sudah kami rekomendasikan ke Bawaslu untuk diteruskan ke KASN, yang nantinya akan memutuskan dan menilai pelanggaran empat ASN tersebut," ujar Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Talaud Jekman Wauda, di ruang kerjanya, kemarin.

Menurutnya, Panwaslu Talaud sekarang sedang menangani sembilan kasus pilkada. Empat dalam bentuk laporan dan lima temuan pengawas pemilu. Namun ada empat laporan terbukti bukan pelanggaran. Sedangkan dua kasus masih dikaji, sisanya sementara diproses.

"Sebagaimana diamanatkan undang-undang terkait pelanggaran pemilu, dalam penangannya kami hanya diberika waktu lima hari untuk mengumpulkan bukti atau keterangan untuk dikaji. Artinya kita harus bekerja ekstra keras," katanya.

Jika kemudian ada dugaan pelanggaran, baik itu temuan atau laporan, dalam satu kali 24 jam Panwaslu langsung mengundang Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk mengadakan pembahasan.

“Dan apabila dalam pembahasan tersebut unsur pidananya sudah terpenuhi. Maka hasil tersebut akan diserahkan kepada Sentra Gakkumdu untuk dilanjutkan pada proses penyidikan," ucapnya. (fik/can)

Kirim Komentar