14 Mar 2018 14:34

Delapan Kampung Batal Ikut Pilkap

MyPassion

SANGIHE—Pemilihan Kapitalaung (Pilkap) serentak Mei 2018 mendatang yang rencananya akan dilaksanakan pada 122 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe berkurang menjadi 114 kampung.

Hal ini dibenarkan Kasubag Otda dan Pemdes Bagian Pemerintahan Kharisma Bataha SIP selaku panitia seleksi (pansel) pilkap tingkat kabupaten. Dikatakannya delapan kampung (lihat grafis) dinyatakan batal. “Akibat di delapan kampung ini ada tak punya calon, ada juga yang hanya satu orang calon. Jadi sesuai aturan harus dibatalkan,” sebutnya.

Lanjut Bataha, sesuai amanah Perda nomor 1 tahun 2016 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kapitalaung dan Perangkat Kampung, calon yang akan bertarung dalam pilkap maksimal lima dan minimal 2 calon.

"Jadi jika kampung yang menjadi peserta hanya ada satu calon atau bahkan tidak memiliki calon sama sekali maka dinyatakan batal dan nanti akan ikut 2020 bersama 23 kampung," tandasnya.

Sementara itu Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan dan Otda Setkab Sangihe Drs A Mandiri berharap tidak ada lagi kejadian seperti ini di tahun 2020 mendatang. “Supaya tahun 2020, 31 kampung ini semuanya akan ikut dan tidak ada kendala sama sekali," tandasnya.(wan)

Kirim Komentar