13 Mar 2018 14:41

Usulkan Sembilan Tower

MyPassion

SITARO—Untuk menyediakan jaringan telekomunikasi dan internet yang menyeluruh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sitaro melalui Diskominfo telah mengusulkan penambahan tower telekomunikasi ke Kementerian Kominfo. Hal tersebut diungkapkan Kadis Kominfo Drs Hans Kalangit MSi.

 

Ia membeberkan pengusulan tersebut tinggal menunggu jawaban Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI). Ini merupakan badan yang didirikan Kemenkominfo bekerjasama dengan seluruh provider di Indonesia.

"Ini program Universal Service Obligation (USO). Di mana pemerintah melakukan kewajiban pelayanan jaringan telekomunikasi dan internet secara menyeluruh di seluruh pelosok Indonesia. Jika memang usulan diterima, mereka akan melakukan survei terlebih dulu," ungkapnya.

Dia melanjutkan, sebelumnya tower untuk program USO sudah pernah didirikan di Sitaro. Tepatnya di Pulau Siau. Namun hingga saat ini, tower tersebut belum juga diaktifkan. “Nantinya jika usulan sudah diterima, maka akan diaktifkan bersama-sama dengan yang baru akan dibangun," terangnya.

Dia melanjutkan, Pemkab Sitaro memberikan sembilan usulan tower. Jadi jika ditambah satu yang telah dibangun, totalnya sepuluh tower USO. “Fasilitas ini akan memberikan pelayanan telekomunikasi dan internet," jelasnya.

Menurut Kalangit, ini merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat di kampung-kampung yang belum bisa terjangkau jaringan telekomunikasi. “Ke depannya mereka sudah bisa menggunakan ponsel dan tidak perlu lagi ke Ulu atau Ondong untuk mencari jaringan," tandasnya.(drp/gel)

Kirim Komentar