13 Mar 2018 14:22

Santunan Duka Serap 1,3 Miliar

MyPassion
Ilustrasi

MITRA—Awal tahun 2018, santunan dana duka sudah menyerap Rp 1,3 miliar. Data ini, berdasarkan jumlah angka kematian di Kabupaten Minahasa Tenggara, Januari-Maret, yang telah mencapai 186 orang.

 

Kepala Dinas Catatan Sipil David Lalandos menjelaskan, angka kematian yang tercatat merupakan data yang direkap. Berdasarkan hasil pembuatan akta kematian. “Sampai saat ini data yang ada sebanyak 186 warga yang sudah keluar akta kematian. Data itu dimulai per 1 Januari hingga 12 Maret (kemarin),” jelas Lalandos, ketika ditemui, Senin (12/3) kemarin.

Untuk penyaluran santunan duka, kata Lalandos dilakukan langsung oleh Badan Keuangan. Sementara pihaknya, hanya melakukan koordinasi dengan kecamatan, guna mendata warga yang meninggal. “Karena memang aktea kematian merupakan salah satu syarat penerimaan bantuan santunan duka,” tukasnya.

Terpisah, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Mecky Tumimomor menuturkan, program santunan dana duka merupakan bantuan sosial tetap berjalan, meski saat ini sementara tahapan Pilkada.

“Karena santunan dana duka merupakan kebutuhan mendesak. Jadi tetap saat ini kami salurkan,” ujarnya kemarin saat diwawancarai. Dijelaskan Tumimomor, santunan duka diberikan Rp 7 juta kepada keluarga yang ditinggalkan. “Santunannya diserahkan langsung ke ahli waris, atau keluarga sebagai penerima,” tandasnya.(***)

Kirim Komentar