13 Mar 2018 13:52

Juli, Belanja Rastra Via Online

MyPassion

MANADO—Mulai Juli 2018, penyaluran beras pra sejahtera (rastra) pakai elektronik warung (e-Warung). Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Drs Sammy Kaawoan MAP mengatakan, penyaluran rastra melalui Dinas Sosial hanya sampai Juni. ”Setelah  itu rastra disalurkan melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui e-Warung,” ujarnya.

 

Dia menjelaskan, ada 14.460 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 11 kecamatan dan 87 kelurahan di Kota Manado yang akan diberikan kartu semacam ATM. Di dalam kartu itu sudah berisi saldo Rp 110 ribu. ”Kalau masyarakat butuh tinggal membawa kartu dan berbelanja di e-Warung yang akan dibuka di setiap kecamatan. Jadi warga boleh belanja kebutuhan sembako di e-Warung seperti beras, gula, minyak kelapa, telur, dan gas,” paparnya.

Menurut dia, harga dijual di e-Warung sesuai HET. Nantinya Bulog yang memasok semua kebutuhan e-Warung. ”Sudah ada 24 unit e-Warung yang sudah dibentuk Pemkot Manado pada 2017. Semuanya tersebar di 11 kecamatan. Karena aturannya satu e-Warung harus melayani 500 KPM,” sebutnya.

Dia menambahkan transaksi non tunai rastra diterapkan untuk menghindari pungli. Walaupun selama dua bulan terakhir penyaluran rastra belum ada keluhan pungli dari warga. ”Rastra digantikan BPNT sangat menguntungkan KPM. Sebab kalau sebulan rastra disalurkan hanya 10 kilogram. Sementara satu kilogram rastra dari Bulog 6 ribu. Jadi masih ada untung 50 ribu. Nah itu bisa belanja keperluan lain,” pungkasnya.

Terpisah, Kasi Penyaluran Bulog Kristian Prasetya membenarkan pengalihan rastra ke BPNT. ”Tapi masih akan dibicarakan mekanisme penyaluran,” singkatnya. (ite/gel)

Kirim Komentar