13 Mar 2018 16:36

Ini Spesifikasi Power Bank yang Bisa Dibawa ke Dalam Pesawat

MyPassion
Power bank (ilustrasi)

KEMENHUB melalui Dirjen Perhubungan Udara baru saja merilis aturan terkait ketentuan membawa pengisi baterai portable atau power bank dan baterai lithium cadangan pada pesawat udara.

Dalam ketentuan ini, Kemenhub memberikan aturan untuk power bank yang bisa dibawa ke pesawat udara. Ketentuannya power bank yang bisa dibawa penumpang, tidak boleh melebihi 100 Wh atau daya jam (watt hour).

Sementara untuk power bank dengan daya jam lebih dari 100 Wh namun tidak melebihi 160Wh, bisa dibawa penumpang namun harus mendapatkan Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing dan hanya diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang.

Untuk power bank dengan daya jam diatas 160Wh atau besarnya tidak dapat diidentifikasi, tidak diperkenankan dibawa masuk ke dalam pesawat.

Dalam surat edaran yang ditandatangani Dirjen Perhubungan Udara Dr Ir Agus Santoso M,Sc ini juga dicantumkan, power bank yang sudah diizinkan masuk ke dalam pesawat, tidak bisa terhubung dengan perangkat elektronik lain dan juga penumpang dilarang melakukan pengisian baterai menggunakan power bank selama penerbangan.

Selain itu, power bank juga tidak diizinkan untuk ditempatkan di bagasi tercatat dan harus ditempatkan di bagasi kabin. (rgl)

Kirim Komentar