13 Mar 2018 10:23

Esok, Umat Hindu Gelar Upacara Melasti

MyPassion
SESAJEN: Umat Hindu Kota Manado sudah mengumpulkan dan membuat sesajen untuk persiapan Upacara Melasti.

MANADO—Rabu (14/3) esok, umat Hindu di Kota Manado dan sekitarnya akan menggelar Upacara Melasti, sebagai persiapan menuju Hari Raya Nyepi 17 Maret mendatang. Dijelaskan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Manado Drs Ida Bagus Ketut Alit MPd, Melasti bertujuan untuk membersihkan Pratima atau simbo-simbol Tuhan.

“Pratima akan diusung dari pura dan sembahyang di tepi pantai. Mulai sembahyang di pura pukul 6 pagi, pukul 8.00 mulai start menuju God Bles Park. Di situ kita sembahyang  sekira 2 jam dan kembali lagi ke pura,” terang Alit.

Pihaknya telah melakukan persiapan sejak akhir pekan lalu. “10 Maret lalu umat mencari bahan-bahan upacara atau sesajen di Plaba Pura Desa Koka Minahasa,” ungkapnya.

Usai Melasti, selanjutnya umat Hindu mulai melaksanakan kegiatan di pura. Diantaranya diskusi keagamaan. Pada 15 Maret mempersiapkan upacara Tawur Kesanga. “Artinya membayar untuk setahun kita telah menikmati hasil bumi. Kemudian kita diwajibkan mengembalikan lagi, secara spiritual kita melaksanakan upacara. Bertujuan untuk menyeimbangkan alam. Jadi ada keseimbangan, kita mengambil dan mengembalikan,” tambah Alit.

Sementara 16 Maret di Lapangan Sparta Tikala Manado, akan dilakukan Tawur Ageng. “Selanjutnya dirangkaikan dengan Festival Ogoh-ogoh. Rencanannya dibuka oleh wali kota Manado. Dua ogoh-ogoh yang mengambil tema narkoba, miras dan korupsi ini, akan diarak mengelilingi kota Manado. Ini (ogoh-ogoh, red) adalah simbol yang tidak baik. Sehari sebelum Hari Raya Nyepi yang tidak baik itu kita hilangkan. Sehingga pada Tahun Baru Saka 1940, kita sudah mulai dari nol,” tukasnya.(cw-03/tan)

Kirim Komentar