13 Mar 2018 15:06

7.578 Nelayan Belum Dijamin Asuransi

MyPassion

BOLMONG—Dari 9.750 nelayan, terdapat 7.578 nelayan di Kabupaten Bolmong belum mendapatkan jaminan asuransi, karena tidak memiliki kartu nelayan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Bolmong Wahyudin Gonibala mengimbau, bagi nelayan yang belum miliki kartu atau merasa belum memasukkan berkas, menghubungi pemerintah desa. "Kasihan, kalau nelayan yang bawah ke kantor. Baru ongkos jalannya. Kalau sangadi ada kendaraan dinas. Dan saya berharap pemerintah desa bekerjasama dengan Dinas Perikanan untuk membantu masyarakat," pintahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Supriadi Agantu menjelaskan, data per Desember 2017 sebanyak 2.172 nelayan yang baru terdaftar di sistem pusat. Yang baru mencetak kartu sekira 200 nelayan.“Masih sangat banyak nelayan yang belum miliki kartu nelayan. Tapi kami akan berusaha tahun ini akan meng-cover semua," katanya.

Menurut dia, pihaknya akan lakukan sistem jemput bola untuk mendata nelayan di lima kecamatan (lihat grafis, red) yang di berada pesisir supaya terdaftar di sistem. “Pendataan ini akan dibantu   penyuluh dari kementerian,” katanya. 

Dia menambahkan, saat ini ada pemberhentian percetakan kartu nelayan. “Sebab kartu nelayan akan diganti dengan Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kusuka)," tuturnya. (tr-01/ite)

Berita Terkait
Kirim Komentar