13 Mar 2018 14:19

5,5 M untuk Perumahan Swadaya

MyPassion

BITUNG—Sebagai solusi penanganan rumah tak layak huni (RTLH) di wilayah Bitung, tahun ini pemerintah menganggarkan sekira Rp 5,5 miliar Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

 

Dibeberkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Hendri Sakul, bantuan tersebut akan disalurkan di delapan kelurahan. Empat kelurahan di kepulauan dan empat lagi di daratan. “Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapat bantuan tahun ini bervariasi. Verifikasi masih dilakukan oleh pihak kelurahan. Setelah datanya masuk di PRKP maka akan dilakukan verifikasi kembali. Agar bisa menentukan lagi, kelayakan KPM yang akan mendapat bantuan," kata Sakul, kemarin (12/3).

Terkait anggaran, sebenarnya pihanya mengusulkan Rp 9 miliar. Tapi yang disetujui hanya Rp 5,5 miliar. “Jadi belum semua akan dapat bantuan. Yang lain akan diusulkan untuk tahun depan,” ujarnya.

Sakul berharap bantuan tersebut dapat membantu tercapainya program presiden 100 0 100, yaitu 100 persen sanitasi, 0 persen kumuh, dan 100 persen air bersih.

"Program perumahan swadaya tersebut masuk di 0 persen kumuh. Saya harap itu bisa membantu agar pada tahun depan 0 persen kumuh di Kota Bitung bisa tercapai. Walaupun belum bersih 0 persen. Setidaknya ada penurunan," ungkapnya.

Sementara itu, ditambahkan Alan Rawis, Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Pemukiman, bantuan akan diberikan kepada KPM apabila tanah yang ditinggali adalah milik sendiri.

"Bantuan perumahan swadaya akan diberikan dengan syarat lahan yang ditempati adalah milik sendiri. Bukan lahan orang lain," tukasnya.(cw-03/tan)

Kirim Komentar