12 Mar 2018 13:48

Mitra Masih Kekurangan 2.523 PNS

MyPassion
Ilustrasi

MITRA—Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) masih kekurangan 2.523 tenaga PNS. Namun, kekurangan tersebut bisa sedikit terpenuhi, menyusul rencana dibukanya penerimaan CPNS daerah untuk tahun ini.

 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mitra Sartje Taogan membeberkan, berdasarkan analisis beban kerja (ABK), Mitra idealnya harus memiliki 4.929 PNS. Namun saat ini hanya 2.496 PNS. “Jadi masih ada kekurangan 2.523 tenaga,” ujarnya, kemarin.

Kekurangan tersebut, lanjut Taogan, dikarenakan beberapa tahun terakhir belum dilakukannya penerimaan CPNS. Sementara setiap tahunnya angka pensiun berada di atas 50 pegawai. “Tahun lalu ada 64 PNS yang pensiun. Kemudian tahun ini ada 56 PNS. Kalau tidak ada penerimaan CPNS, kebutuhan PNS akan semakin berkurang. Itu nanti bisa mempengaruhi kinerja OPD dalam pelayanan publik,” terangnya.

Adanya PNS yang mutasi ke daerah lain, juga menjadi salah satu faktor berkurangnya jumlah PNS. “Kebanyakan meminta mutasi ke luar dengan alasan mengikuti suami/istri yang ditempatkan di daerah lain. Kami tak bisa menahan, karena itu merupakan hak PNS,” tandasnya.

Untuk tahun ini, dijelaskan Taogan Mitra sudah mengusulkan 425 formasi CPNS ke KemenPAN-RB. Namun, dirinya berharap usulan tersebut tidak dipangkas. “Ataupun  bisa lebih banyak dari usulan," harapnya.

Terpisah, Sekretaris Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy optimis, Mitra bisa mendapat jatah lebih banyak dari usulan. Itu pun dilihat dari anggaran belanja pegawai yang hanya 32 persen dari total APBD tahun ini. “Kami targetkan bisa mendapatkan jatah 450 CPNS,” katanya.

Ngongoloy menuturkan, kebutuhan PNS yang akan diprioritaskan yaitu di bidang kesehatan. Karena akan beroperasinya RSUD Mitra. “Tapi untuk penentuan kuota CPNS, itu tetap ditentukan KemenPAN-RB. Karena ini kan serentak dengan daerah lain,” tandasnya.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar