10 Mar 2018 10:36
BRI Targetkan Penyaluran di Sulut 633 Miliar

Pemerintah Genjot Sektor KUR

MyPassion

MANADO—Pemerintah terus menggenjot sektor kredit usaha rakyat (KUR). Bahkan, membuktikan keseriusan pemerintah, suku bunga KUR pun diturunkan menjadi tujuh persen. Hal ini terungkap dalam  kunjungan Kementrian Koordinator (Kemenko) Perekonomian melalui Deputi Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan  Iskandar Simorangkir di sela acara sosialisasi Permenko No 11/2017 yang diprakarsai BRI Kantor Wilayah Manado di Hotel Arya Duta, Jumat (9/3) kemarin.

 

Simorangkir membeber, tahun ini pemerintah memberikan target penyaluran KUR secara nasional sebesar Rp 120 triliun. Dengan plafon Rp 116,6 triliun. “Artinya, ada kelonggaran tarif sebesar Rp 3,4 triliun. Itu disiapkan khusus untuk bank yang mengajukan tambahan baru, atau juga bank penyelenggara baru. Jadi bisa menggunakan dana tersebut,” bebernya.

Dirinya menekankan, tujuan penurunan suku bunga KUR agar bisa menjangkau masyarakat kecil, dan mendorong semua masyarakat memperoleh KUR. “Tapi pemberian KUR ini tidak  di semua sektor. Hanya untuk sektor pertanian, perikanan, industri, jasa, dan juga perdagangan. Tetapi KUR menetapkan untuk sektor produksi diluar perdagangan minimal  harus 50 persen, agar pertumbuhan ekonomi semakin besar, namun tidak membahayakan kestabilan harga,” ucap Simorangkir.

Sementara, Pimpinan Wilayah BRI Manado Adiyanto mengatakan, tahun ini Kantor Wilayah (Kanwil) Manado mendapatkan plafon penyaluran KUR mikro sebesar Rp 2,7 triliun.  Penyaluran tersebut disalurkan melalui 205 kantor unit termasuk satu teras kapal Bahtera Seva II.

“Sementara untuk KUR kecil sebesar Rp 483 miliar melalui 17 kantor cabang dan lima kantor cabang pembantu,” katanya sembari berharap, dengan realisasi penyaluran KUR tahun lalu yang tepat segmen, tepat kriteria, dan tepat sektor. Akan memberikan dampak yang baik untuk penyaluran KUR tahun ini. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar