10 Mar 2018 09:35
Sulit Disembuhkan, Bisa Dikendalikan

Generasi Zaman Now Rentan Diabetes Cs

MyPassion

MANADO—Semua sudah pasti tahu generasi zaman now dan zaman old jelas berbeda. Asupan makanannya pun berbeda. Itulah kenapa anak-anak zaman sekarang rentan sejumlah penyakit dibanding zaman old. Sebut saja diabetes, gangguan pernapasan, jantung, kolestrol, serta asam urat.

 

Hal ini tidak boleh dipandang sepele. Pasalnya, data RSUP Prof Kandou Manado, tahun lalu sekira 1.761 pasien dirawat akibat penyakit jantung, 904 pasien mengalami gangguan pernapasan dan 4.375 pasien harus rawat jalan akibat diabetes.

“Semua penyakit tersebut terjadi saling berhubungan satu dengan lainnya. Apalagi untuk anak muda yang hanya rajin makan, tapi tidak senang beraktifitas. Karena berbagai macam penyakit datang karena pola hidup kita yang salah,” kata dr Jilly Suatan.

Lebih lanjut, dokter yang bertugas di Rumah Sakit Pancaran Kasih tersebut menjelaskan, untuk penyakit jantung sendiri sebenarnya penyebabnya adalah kadar kolestrol dan tekanan darah tinggi. “Kolestrol dan tekanan darah yang tinggi biasanya bisa menyebabkan jantung. Olehnya semua penyakit yang terjadi merupakan yang saling berkaitan,” jelasnya.

Sementara untuk diabetes sendiri, dia melanjutkan, merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat pola hidup yang kurang sehat. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan diabetes seperti genetik, kelebihan berat badan, asupan makanan yang kurang teratur, dan juga merokok. “Diabetes merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan, tapi bisa dikendalikan. Dengan mengatur pola makan,” katanya.

Dirinya pun mengimbau semua masyarakat agar menjaga pola makan. Di antaranya dengan perbanyak makan buah dan sayur serta membatasi asupan berkolestrol. Tidak lupa harus banyak mengkonsumsi air putih. “Penyakit jantung, kolestrol, dan juga diabetes merupakan penyakit yang cukup bahaya, dan harus dihindari. Cara yang paling efektif yang harus dilakukan adalah menjaga pola makan,” ujarnya.

Terpisah pengamat kesehatan, Rahayu Akili menuturkan, dari semua jenis penyakit tersebut, jantung yang paling banyak mendatangkan risiko kematian. “Jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Juga ikut mengakibatkan kerusakan pada organ lainnya. Ginjal adalah salah satu yang bisa ikut terganggu akbiat adanya penyakit jantung. Jika kinerja jantung tidak normal, akan ikut mempengaruhi metabolisme ginjal dan liver. Intinya kondisi jantung sangat berpengaruh pada sistem kesehatan tubuh yang lain. Jika jantung sehat, organ tubuh lain pun akan terjaga,” jelas Akili.

Dirinya pun berpesan, pada semua masyarakat, khususnya para remaja untuk terus menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh, serta rajin berolahraga. “Sakit memang sulit untuk kita tolak, tapi paling tidak dengan hidup teratur dan rajin olahraga, berbagai penyakit tersebut dapat dihindari,” tutupnya. (tr-01/tan)

Kirim Komentar