09 Mar 2018 10:10

Deadline Lapor SPT Tinggal 3 Pekan

MyPassion

MANADO—Deadline pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) akan berakhir 31 Maret. Atau menyisakan 3 pekan. Dengan target pajak yang dibebankan bagi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manado mencapai lebih dari Rp 2 triliu, wajib pajak (WP) harus didorong untuk melapor SPT dan juga membayar pajak.

Kepala KPP Pratama Manado Denny Makisanti mengatakan, pelaporan SPT harus dilakukan sebelum akhir Maret. “Hasil dari pajak akan digunakan untuk membiayai pembangunan negara, termasuk di Sulut. Pendapatan pajak memberi konstribusi besar untuk pembangunan daerah. Jadi harus didukung oleh WP,” kata Makisanti.

Dia menjelaskan, untuk pelaporan SPT diberikan beberapa cara. “WP yang mengalami kesulitan dalam mengisi dan melaporkan SPT, KPP Pratama Manado menyediakan layanan konsultasi dan asistensi. Layanan ini ada di KPP Pratama Manado serta bisa juga melalui gerai layanan Pojok Pajak di Manado Town Square dan Megamal,” pungkasnya.

Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan Caecilia Permatasari menambahkan,  cara lapor SPT bisa langsung datang ke KPP. “Atau lapor menggunakan online melalui e-filing di situs DJP online,” singkatnya.

Di sisi lain, Ekonom Sulut Dr Jemmy Tene menilai, saat ini semua WP sudah tidak sulit lagi untuk melakukan pelaporan SPT. Karena selain datang langsung ke KPP, para WP sudah bisa melaporkan SPT lewat online. “Dengan adanya fasilitas tersebut, seharusnya semua WP lebih muda lagi melaporkan SPT,” beber Akademisi Universitas Politeknik Manado tersebut.

Lebih lanjut Akademisi dan juga konsultan pajak tersebut mengimbau pada semua WP agar secepatnya melaporkan SPT dan menunaikan kewajibannya untuk membayar pajak. Karena pajak merupakan salah satu sumber terbesar untuk daerah. “Kegunaan pajak untuk publik itu sangat banyak. Jadi sudah seharusnya semua WP wajib mendukungnya,” tutupnya. (tr-01/fgn)

Kirim Komentar