09 Mar 2018 10:27

38 PTS di Sulut Belum Terakreditasi A

MyPassion

MANADO – Mutu pendidikan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulut belum memadai. Sebab masih terdapat 38 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang  belum memegang akreditasi A (lihat grafis, red).

 

Pengamat Pendidikan Titof Tulaka mengatakan, dengan banyaknya PTS maka terjadi persaingan pendidikan lebih murah dan cepat. Akibatnya mengabaikan mutu. Di sinilah revitalisasi itu diperlukan. Untuk apa jumlahnya banyak tapi tidak berkualitas. “Karena itu dengan merger akan ada efisiensi sehingga bisa meningkatkan kualitasnya. Jadi kita butuh bukan lagi banyak jumlahnya tetapi kualitasnya," ujar Dosen Unima itu.

Dia mengimbau, kepada PTS yang masih terakreditasi B atau C bahkan belum sama sekali tercatat di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) segera melakukan perubahan dengan pembinaan dari pemerintah. “Dengan peningkatan akreditasi di setiap perguruan tinggi dapat semakin meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi secara keseluruhan. Dari 38 PTS di Sulut belum ada yang mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT. Itu sangat disayangkan,” tukasnya.

Terpisah, Jubir Rektor Unsrat Hesky Kolibu berharap, dengan peningkatan akreditasi di setiap perguruan tinggi dapat meningkatkan mutu layanan pendidikan tinggi secara keseluruhan. “Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi untuk mendapatkan akreditasi A. Salah satunya adalah peningkatan mutu pelayanan pendidikan,” jelasnya.

“Agar memperoleh akreditasi harus memenuhi beberapa faktor sesuai ketentuan kementerian. Di antaranya aspek dosen, mahasiswa, publikasi dan sebagainya,” tambah Kolibu. Dia menyarankan kampus-kampus yang belum terakreditasi secepatnya mengurusnya agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Dia bersyukur juga, saat ini Unsrat dapat meraih akreditasi A. Ke depan, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas. “Unsrat akan terus mengembangkan kualitas dalam semua bidang,” pungkasnya. (ela/ite)

Kirim Komentar