08 Mar 2018 09:55

Sumakul: BPMS Terpilih Harus Lanjutkan Program dan Laksanakan Keputusan Sidang

MyPassion

MANADOPOST-Jelang dua pekan pelaksanaan pemilihan BPMS sejumlah nama mulai mengerucut menjadi pengganti Pdt HWB Sumakul di posisi ketua sinode. Disebut-sebut dukungan deras mengalir untuk Pdt Hein Arina dan Pdt Hendry Runtuwene. Namun untuk menjadi ketua BPMS, butuh suara signifikan dari total pemilih. Dikatakan Sekretaris Umum Panitia Pdt Djefry Erel Saisab, jumlah pemilih SMS ke-79 nanti sekira 1.857.

“Untuk menjadi Ketua BPMS jumlah suara 1.857 dibagi dua dan ditambah satu. Jadi sekira 930,” ungkapnya. Dia juga menambahkan Dewan Gereja Dunia, PGI, perwakilan gereja-gereja di Australia dan Amerika Serikat, serta pemimpin umat Muslim, akan ikut hadir di helatan tersebut. “Panitia sudah siap melaksanakan pemilihan dan menjamu para tamu yang hadir,” sebutnya.

Di sisi lain, harapan-harapan dari pendeta-pendeta di GMIM, SMS serta pemilihan BPMS ini bisa berjalan lancar, mengutamakan tuntunan Roh Kudus, serta seluruh lapisan jemaat mendukung usaha panitia. Seperti diungkapkan Ketua BPMW Kalawat II Pdt Sem Alfrets Kindangen STh. Menurutnya, seluruh tahapan yang sedang panitia lakukan wajib didukung dan didoakan bersama. “Ini adalah pergumulan warga GMIM. Menyukseskan SMS 79,” sebutnya.

Dikatakan Kindangen, siapapun yang dipercayakan nantinya harus mampu menjadi teladan. “Pola pelayanan mereka, mengikuti Yesus. Seorang hamba, dengan kerendahan hati dan pelayanan kasih paling utama. Sebab walaupun sebagai Kepala, Yesus mengutamakan kerendahan hati. Itu yang membedakan dengan organisasi lainnya,” terangnya.

Lanjut Ketua BKSAUA Minut ini, BPMS harus mampu bekerjasama dalam struktur badan pekerja. “Karena namanya badan pekerja adalah satu kesatuan. Tidak bisa jalan sendiri. Dan dalam setiap keputusan tentunya sesuai Tata Gereja. Juga sungguh-sungguh memberikan diri dengan dibarengi pengalaman organisasi yang mumpuni,” ungkapnya.

Senada disampaikan Pdt Joice Sumampow Monare MTh. Menurut Ketua Wilayah Mandolang I ini, struktur BPMS periode berikut, diharapkan dapat membawa perubahan. “Harapannya bisa menjadi panutan, membawa segala sesuatu lebih baik lagi. Pun pemimpin yang melayani sungguh-sungguh untuk kemuliaan nama-Nya, bukan mencari nama bagi kepentingan pribadi,” kata ketua BPMJ Getsemani Tateli ini.

Hal yang sama diharapkan Pdt Feby Sumampouw Ketua Wilayah Kema. “Diharapkan GMIM semakin bertumbuh dan terlayani secara menyeluruh. BPMS ke depan dapat melayani dengan pola sebagai hamba. Jangan sampai terkikis, dengan hal-hal keduniawian lainnya. Di samping itu, harus memahami betul keadaan saat ini. Sehingga dapat menentukan perubahan akan di bawah ke mana,” singkatnya.

Sementara itu, Ketua BPMS Pdt HWB Sumakul menuturkan, BPMS periode 2018-2022 yang akan terpilih nanti harus melanjutkan program-program struktur BPMS periode ini. “Juga harus melaksanakan keputusan Sidang Majelis Sinode nanti,” singkatnya.(cw-03/gel)

Kirim Komentar