08 Mar 2018 11:04

Selamat, 35 Nama Ini Lolos Tes CAT Calon KPU

MyPassion

MANADO—Akhirnya calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) mengkerucut 35 nama dari 51 calon. Ini setelah seleksi CAT yang digelar Timsel di BKN Regional XI Sulut, Rabu (7/3) kemarin.

 

Dari hasil ujian CAT ini mendapat rangkin pertama Ardiles Mewoh, yang saat ini masih menjabat komisioner KPU Sulut. Disusul peringkat kedua Yessy Momongan, yang juga Ketua KPU Sulut. Selanjutnya, peringkat tiga Salman Saelangi, mantan timsel KPU. Dan peringkat empat, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon.

Mewoh saat dimintai tanggapan mengaku sempat gugup. Karena saat berada di lokasi ujian, dia lupa membawa KTP. Untunglah ada paspor. Tetapi kata Mewoh, saat menjawab pertanyaan dia konsentrasi penuh. “Saya menyerahkan semua kepada Tuhan, agar bisa menjawab dengan baik,” katanya.

Senada dikatakan Momongan. Dia menyerahkan ujian tersebut dan semua tahapan pelaksaan kepada Tuhan. “Biarlah semua ini Tuhan yang mengatur. Tetapi saya tetap berusaha dan berdoa,” tukasnya.

Terpisah, Ketua Timsel Donald Rumokoy mengatakan, peserta disuguhkan 120 soal. “Paling banyak tentang kepemiluan. Tetapi bentuk soalnya, ada yang menentukan tanya-jawab, benar atau salah, dan pilihan,” katanya.

Lanjut mantan Rektor Unsrat ini, yang lolos ujian nilainya di atas 52. “Ini yang pertama kali seleksi KPU menggunakan ujian metode CAT. Dan dipastikan tidak ada soal yang bocor,” tegasnya.

Lanjutnya, penentuan 35 nama yang lolos langsung oleh sistem. Itu berdasarkan jawaban masing-masing, bukan ditentukan timsel.

Ditambahkan Rumokoy, hari ini akan langsung dilakukan tes psikologi yang bekerjasama dengan Polda Sulut. Tes akan dilaksanakan di Hotel Peninsula Manado.

“Usai tes psikologi pagi hingga siang, langsung disambung dengan FGD. Dan nantinya akan tersaring menjadi 20 peserta. Jadi masih akan menggugurkan 15 peserta,” kuncinya.(ria/can)

Kirim Komentar