07 Mar 2018 10:03
Kukuhkan 172 Eselon III dan IV

Wagub: Ini Bagian Tour of Duty

MyPassion

MANADO—Sejumlah jabatan kosong di eselon III dan IV Pemprov Sulut akhirnya terisi, Selasa (6/3), kemarin. Sebanyak 172 birokrat dilantik dan diangkat sumpah oleh Wagub Drs Steven Kandouw. Namun menurut Kandouw, meski sudah ratusan yang dilantik, tapi belum juga mengisi semua jabatan kosong. “Belum selesai. Pekan depan ada pelantikan tahap II. Masih ada kekosongan di Dinas Perhubungan, Dispenda, serta Asisten III. Namun mereka itu sudah ada rekomendasi dari KASN, kita langsung lantik saja," sebut Kandouw.

 

Dirinya menambahkan, yang dimutasi bukanlah hukuman. “Ini bagian dari tour of duty. Semua birokrat harus mampu menguasai semua bidang pekerjaan. Jangan jadi kacamata kuda atau hanya tahu satu bidang," tegasnya Kandouw.

Dia melanjutkan, rolling untuk menggembleng kinerja pejabat agar bisa menguasai semua bidang di pemerintahan. Sebutnya juga, sudah disinggung dan diingatkan eselon III dan IV wajib hukumnya loyal pada pimpinan, apalagi pejabat eselon II. "Jangan sekali-kali langsung bypass, tanpa melalui pimpinan instansi langsung ke saya atau Pak Gubernur. Semua pejabat harus tahu hirarki organisasi. Saya ingatkan, semua pejabat selalu andalkan Tuhan dalam pekerjaan," tuturnya.

Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen mengingatkan pejabat yang baru memiliki integritas dan taat kepada aturan. “Harus tunjukkan kinerja baik dalam pekerjaan. Pimpinan selalu menilai kinerja ASN. Jadi kalau yang baik tentu kita promosikan," ungkapnya.

Di sisi lain Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Femmy Suluh mengatakan, pengukuhan ASN dalam jabatan administrator, pengawas, dan direktur rumah sakit karena adanya perubahan nomenklatur atau perubahan fungsi dan tugas jabatan pada sejumlah perangkat daerah.

"Jadi ini juga berdasar rotasi, mutasi jabatan atau penyegaran dalam jabatan struktural di lingkup Pemprov," sebutnya.

Suluh mengatakan, pengukuhan dan pengangkatan PNS di jabatan administrator ada sebanyak 67 orang. Untuk jabatan pengawas 101 orang, serta direktur rumah sakit pada dinas kesehatan daerah empat ASN.(tr-02/gel)

Kirim Komentar