07 Mar 2018 08:39

The Reds Pastikan Satu Tempat di Perempat Final Liga Champions

MyPassion
FC Porto tak bisa mencetak gol di kandang Liverpool pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (AFP)

MANADOPOST- Harapan bisa melihat kembali banyak gol dalam laga Liverpool vs FC Porto tak terwujud. Berbeda dengan penampilan di laga pertama, skuad Liverpool kali ini justru bermain kurang efektif. Peluang demi peluang yang diraih tak bisa berakhir dengan gol demi gol.

Sesuai janjinya, pelatih Jurgen Klopp memang tidak banyak menyimpan pemain utama. Bisa dilihat di barisan penyerang yang hanya menyimpan Mohamed Salah di bangku cadangan. Dua kompatriotnya, Sadio Mane dan Roberto Firmino, main sejak menit pertama.

Di kubu FC Porto, Iker Casillas yang biasanya duduk manis di bangku cadangan justru bermain sebagai starter. Putusan pelatih Sergio Conceicao ini cukup sukses. Eks kiper Real Madrid itu tampil gemilang dengan melakukan beberapa penyelamatan penting.

Porto sendiri tampil cukup percaya diri. Mereka tampaknya tak mau menyerah untuk mengejar defisit lima gol di laga sebelumnya. Tekanan demi tekanan dialami Liverpool di menit-menit awal pertandingan. Membuat Matip dan kolega harus menjaga fokus dan disiplin dalam bertahan.

Namun, Liverpool sudah mampu mengontrol permainan saat melewati 15 menit paruh pertama. Diawali dengan tembakan Sadio Mane yang hanya melintas di atas mistar gawang Casillas. Selang sekitar 17 menit kemudian, Mane malah mampu menaklukkan Casillas. Sayang tembakannya hanya mengenai mistar gawang.

Di babak kedua, Liverpool tak mau lagi ditekan. Justru The Reds yang langsung berinisiatif membuka serangan.  Seperti saat pergerakan Emre Can di menit 52 harus diganjal dengan pelanggaran oleh Andre Andre.

Menit 59, Firmino mendapat ruang untuk melepaskan tembakan. Meski tepat mengarah ke gawang, tembakannya masih membentur Felipe yang tampil cukup solid malam ini. Firmino sediri digantikan Dany Ings pada menit 62.

Masuknya Ings membuat serangan Liverpool justru terasa lebih tajam. Beberapa kali Ings mampu membuat Casillas bekerja lebih keras. Belum ada lima menit masuk ke lapangan, Ings sudah membuat Casillas berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Penyelamatan paling penting dilakukan Casillas pada menit 88. Ings yang memenangi duel udara dengan berisan pertahanan Porto, mampu menyundul bola yang melambung tepat di bawah mistar. Aksi lompatan Casillas membuat Liverpool tak mampu mencetak gol di laga Rabu (7/3) dini hari tadi.

Meski lebih mendominasi, Porto mampu membuat Liverpool mandul. Untuk kali pertama dalam 10 laga Liga Champions terakhir, The Reds gagal mencetak gol. Namun, hasil ini tak mengubah status mereka untuk tampil di perempat final bulan depan.(jpg)

Kirim Komentar