07 Mar 2018 09:56

Jokowi Diundang Hadiri SMS

MyPassion

MANADO—Usai pemilihan Komisi Pelayanan Kategorial Bapa, Ibu, Pemuda, Remaja, dan Anak (BIPRA), mata warga Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) sekarang tertuju di Sidang Majelis Sinode (SMS) ke-79 di Kota Manado, 18-23 Maret mendatang.

 

Sekretaris Umum Panitia Pdt Djefry Saisab mengatakan, bila tidak ada halangan, Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menghadiri momentum empat tahun sekali ini.

“Tadi (kemarin, red) panitia menggelar rapat dipimpin Wakil Ketua Umum Panitia Steven Kandouw di GMIM Imanuel Wanea. Pak wagub menyampaikan sidang rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi, juga Dewan Gereja Dunia, PGI, perwakilan gereja-gereja di Australia dan Amerika Serikat, serta pemimpin umat muslim,” jelas Pdt Saisab.

Lanjutnya, hasil evaluasi pemilihan BIPRA, pelaksanaan di lima lokasi berjalan baik. “Karena itu, e-voting diputuskan akan dilanjutkan untuk pemilihan BPMS,” ujarnya.

Sebelumnya, seluruh ketua kategorial BIPRA yang terpilih pada pemilihan Sabtu (3/3) pekan lalu, menurut Ketua BPMS GMIM Pdt HWB Sumakul sudah sah. “Mereka berlima sah sebagai ketua BIPRA,” beber Sumakul. Jawaban Sumakul ini sekaligus menjawab pertanyaan wartawan mengenai dinamika yang terjadi saat pemilihan ketua pemuda dan syarat terkait anggota BPMS.

“Semua sudah berjalan sesuai aturan. E-voting sangat membantu panitia, jadi akan dilanjutkan di pemilihan BPMS,” sebutnya. Sumakul pun menjelaskan, terkait isu BPMS harus bebas dari partai politik atau anggota dewan, itu tidak berlaku pada ketua-ketua BIPRA. “Itu tidak boleh digeneralisir. Itu tidak berlaku di ketua BIPRA. Jadi yang sudah terpilih saat ini tidak akan didiskualifikasi karena menurut tata gereja sudah sah,” tukasnya.(tan)

Kirim Komentar