07 Mar 2018 09:32

Jalur SNM PTN Resmi Ditutup, Tidak Ada Perpanjangan Waktu

MyPassion

JAKARTA—Masa pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) resmi ditutup tadi malam pukul 23.59 WIB. Hasil sementara hingga pukul 20.00 WIB, jumlah pendaftar mencapai 583.130 siswa.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran maupun finalisasi pendaftaran SNM PTN. Keterangan ini disampaikan oleh Sekretaris Panitia Pusat SNM PTN Joni Hermana. "Tidak (diperpanjang, red) mas. Majelis rektor PTN yang memutuskan," kata rektor ITS Surabaya itu tadi malam.

Joni mengatakan keputusan tidak ada masa perpanjangan itu sudah diambil. Dia menjelaskan keputusan itu diambil dalam rapat majelis rektor PTN Senin (5/3) lalu. Panitia SNM PTN berharap seluruh siswa calon pendaftar tertib dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Dia menjelaskan panitia mengamati perkembangan pendaftaran tiap tahunnya. Hasilnya rata-rata yang mendaftar SNN PTN adalah 60 persen dari total siswa yang berhak (eligible) untuk mendaftar. Tahun lalu ketika dibuka perpanjangan waktu, hasilnya pun tidak bertambah jumlah pendaftanya. "Kami berkesimpulan memang kenyataannya tidak semua siswa yakin akan diterima melalui jalur SNM PTN, jika pun mereka daftar," jelasnya.

Seperti diketahui masa pendaftaran SNM PTN 2018 dibuka sejak 21 Februari lalu. Data terkini dari panitia sampai pukul 20.00 WIB kemari menyebutkan jumlah pendaftar ada 583.130 siswa. Jumlah ini lebih besar dibandingkan tahun lalu yang tercatat ada 523.077 siswa.

Sementara itu setiap tahun selalu ada siswa yang sudah mendaftar tapi belum finalisasi. Data panitia SNM PTN memyebutkan jumlah pelamar yang sudah finalisasi atau tuntas pendaftanya mencapai 574.447 orang. Jumlah ini bakal terus bertambah sampai detik akhir pukul 23.59 WIB tadi malam.

Sementara itu, angka sementara jumlah pendaftar program Bidik Misi melalui SNM PTN tahun ini mencapai 144.099 orang. Jumlah ini naik dibandingkan tahun lalu yang tercatat ada 131.650 orang. Kuota kelulusan SNM PTN tahun ini masih sama seperti tahun lalu di kisaran 100 ribu kursi. (jpg/can)

Kirim Komentar