24 Feb 2018 10:21

Ketahuan Selingkuh, Wakil PM Asutralia Mengundurkan Diri

MyPassion
Wakil Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce (ABC News)

MANADOPOST-Wakil Perdana Menteri (PM) Australia Barnaby Joyce mengatakan, ia akan mengundurkan diri, Jumat, (23/2). Ia mengumumkan mundur setelah berminggu-minggu kasus perselingkuhannya beredar.

Sebelumnya pada Februari lalu, Joyce mengakui perselingkuhannya dengan salah satu mantan stafnya dan telah mengonfirmasi rumor yang beredar benar adanya. Namun, ia menolak mengundurkan diri dengan alibi bahwa kasusnya adalah masalah pribadi.

Seperti dilansir CNN, Jumat, (23/2), Partai Nasional mengatakan, pihaknya telah menerima sebuah pengaduan resmi secara terpisah. Pengaduan itu berisi tuduhan pelecehan seksual yang dilakukan Joyce seperti yang dilaporkan penyiar Australia ABC.

CNN telah menghubungi Partai Nasional namun tidak mendapat tanggapan yang baik. Pemerintah merupakan koalisi antara Partai Nasional dengan Partai Liberal yang dipimpin oleh Perdana Menteri Malcolm Turnbull.

Joyce mengatakan, ia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Nasional untuk menepiskan isu-isu yang beredar serta menghindari pelecehan terhadap keluarga dan pasangannya.

Ini, ujar dia, merupakan hak istimewa yang luar biasa sebab ia telah menjadi Wakil Perdana Menteri. Dengan segala kerendahan hatinya, Joyce menyampaikan, ia meminta tuduhan terakhir yang diajukan kepadanya untuk dirujuk ke Kepolisian.

Joyce akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Nasional pada hari Senin mendatang. Bahkan sudah ada desakan untuk melakukan pemungutan suara untuk memilih Wakil Perdana Menteri yang baru.

Joyce mengungkapkan bahwa Ia sudah berpisah dengan istrinya Desember lalu dalam pernyataannya ke Parlemen Australia. Melalui kasus Joyce maka pada Februari ini, Turnbull mengumumkan larangan antara menteri dan stafnya untuk menjalin hubungan cinta.

(trz/JPC)

Kirim Komentar