24 Feb 2018 10:07

135 Desa Diguyur 18,6 Miliar

MyPassion
Ilustrasi

MITRA—Pembangunan 135 desa di Kabupaten Minahasa Tenggara bakal kembali bergerak. Anggaran dana desa (dandes) sebesar Rp 18,6 miliar sudah terparkir di khas daerah. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Joutje Wawointana.

 

Menurut Wawointana, penyaluran dandes tinggal menunggu pemasukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2018. Kemudian, masing-masing desa tinggal memasukkan APBDes yang di-upload di sistem keuangan desa. “Saat memasukkan APBDes 2018, hukum tua sudah langsung melampirkan permintaan dana. Kemudian langsung dicairkan,” jelas Wawointana.

Ia pun memastikan, mulai kemarin ada desa yang sudah bisa menikmati dandes tahap I. Karena pihaknya sudah menyurati 135 desa. “Hingga Senin, sudah ada desa yang cair dandes tahap satunya,” terangnya.

Masih dikatakan Wawointana, penyaluran dandes dilakukan tiga tahap. Untuk tahap pertama dicairkan 20 persen. Kemudian disusul tahap dua dan tiga, masing-masing 40 persen. Untuk tahap dua, syarat pencairan wajib memasukkan laporan pertanggungjawaban (LPj) tahap sebelumnya. “Karena pembangunan sudah dimulai sejak tahap satu. Jadi untuk tahap dua dan tiga sudah harus ada LPj,” tukasnya.

Terpisah, Badan Keuangan dan Aset Kabupaten Mitra, melalui Kabid Anggaran Yoldi Winerungan mengatakan, tahun ini Mitra mendapatkan jatah dandes sebanyak 93,30 miliar. “Jadi untuk tahap satu, sudah ada di khas daerah. Tinggal menunggu penyaluran,” singkatnya saat dikonfirmasi.(tr-04/gnr)

Kirim Komentar