23 Feb 2018 14:29

LSM Abal-Abal `Gentayangan` di Bolmong

MyPassion
Djek Damopolii

BOLMONG— Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) abal-abal, diduga ‘gentayangan’ di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Buktinya, beberapa oknum yang mengatasnakan LSM, mengincar sangadi-sangadi. Mereka turun ke desa-desa, mencari-cari kesalahan pemerintah desa, dan ujung-ujungnya meminta uang.

Hal ini diakui sejumlah sangadi. "Kami diancam-ancam, sehingga mengganggu aktivitas. Parahnya ujung-ujungnya mereka minta uang," ungkap sejumlah Sangadi.

Hal ini ternyata sudah sampai ke telinga Kepala Badan Kesbangpol Bolmong Djek Damopolii. “Saat ini kami sudah mendapatkan informasi bahwa ada LSM yang mencari-cari keuntungan. Dengan menakut-nakuti pemerintah desa dan ujung-ujungnya meminta uang. Kami akan telusuri itu,” katanya.

Mencegah kejadian itu terus berlanjut, Kesbangpol akan mendata kembali LSM di Bolmong. Saat ini, dari 15 kecamatan baru Dumoga dan Dumoga Timur yang memasukkan data LSM. “Kita sudah menyurat ke kecamatan agar segera menindaklanjuti ini. Memang tak ada batas waktu, tapi lebih cepat data LSM dimasukkan lebih baik,” tambahnya.

“Untuk syarat, LSM harus memiliki anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD-ART). Kalau tidak ada itu ya tidak bisa,” tukasnya.(tr-01/tan)

Kirim Komentar