23 Feb 2018 08:38
Prioritas Terminal Internasional

Bandara Samrat Tiap Hari Layani 76 Penerbangan dengan 7 Ribuan Penumpang

MyPassion

MANADO—Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado jadi satu dari bandara penerima anggaran peningkatan infrastruktur dari PT Angkasa Pura (AP) I dengan total Rp 18,8 triliun untuk sembilan bandara di wilayah AP I. Walaupun belum secara rinci diketahui berapa alokasi untuk Bandara Samrat, namun pihak bandara sudah merencanakan untuk menggunakan anggaran tersebut dalam rangka ekspansi runway dan terminal internasional. 

 

GM Bandara Samrat Minggus Gandeguai menjelaskan, jika anggaran terealisasi, prioritas yaitu meningkatkan pembangunan overlay runway dan pembangunan terminal internasional. “Saat ini yang belum terlalu signifikan itu terminal internasional. Mengingat Sulut sedang menggenjot pariwisata, jadi kami ingin memperbaiki fasilitas terminal internasional,” ungkap Gandeguai kepada koran ini, tadi malam.

Mantan GM Bandara Frans Kaisiepo Biak ini menjelaskan, alasan peningkatan overlay runway dikarenakan jumlah penumpang dan penerbangan terus mengalami pertumbuhan. Bandara yang melayani 8 maskapai ini mencatatkan, untuk 2017 menerbangkan total 2,7 juta penumpang. Naik 4 persen dari tahun sebelumnya. “Sedangkan untuk jumlah penerbangan kita juga mengalami kenaikan. Sepanjang 2017 kita melayani lebih dari 27 ribu flight. Naik sekira seribu penerbangan dari 2016 yang hanya 26 ribu,” beber Gandeguai.

Dia pun menuturkan, Bandara Samrat setiap hari melayani rata-rata 76 penerbangan dengan tujuh ribuan penumpang setiap hari.  “Peningkatan runway dan pengembangan terminal internasional dilakukan mengingat Bandara Samrat terus mengalami lonjakan penumpang setiap tahunnya. Termasuk penerbangan internasional sebanyak tiga penerbangan untuk tujuan Singapura, Shanghai, Changsa, Shenzen, Guangzhou dan Xianmen,” kata Gandeguai.  

Sehingga, untuk  meningkatkan pelayanan para penumpang,  perbaikan harus terus dilakukan. Agar visi dan misi perusahaan akan tercapai. “Bisnis penerbangan terus mengalami peningkatan. Di Sulut pun banyak maskapai yang menambah jalur dan frekuensi penerbangan. Sehingga perbaikan dan peningkatan bandara harus terus dilakukan,” jelasnya.

Dari sisi maskapai, Manager Area Lion Air Manado Irwan Arland bersyukur mendengar adanya peningkatan kapasitas bandara. Menurutnya, jika fasilitas bandara terus ditingkatkan, maka pasti bisnis penerbangan akan berkembang secara signifikan. “Kalau bandara semakin bagus, penumpang akan semakin nyaman dan puas. Yang pada akhirnya akan ikut mempengaruhi pertumbuhan penumpang setiap harinya,” singkat Arland.

12
Kirim Komentar