23 Feb 2018 14:31

2.028 Warga Bolmut Nganggur

MyPassion

BOLMUT –Jumlah angkatan kerja di Kabupaten Bolmut setiap tahun bertambah. Hal ini berdampak pada jumlah pengangguran semakin banyak.”Di Bolmut ada 2.028 warga tidak bekerja atau nganggur. Sedangkan yang bekerja ada 38.223 orang,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnaketrans) Bolmut Abdul Salam Lauma.

Menurutnya, faktor yang menyebabkan angkatan kerja bertambah di Kabupaten Bolmut karena mulai banyaknya lulusan SMA/SMK. "Dan hampir tiap tahun banyak mahasiswa yang wisudah dari Bolmut," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya terus menyediakan kartu kuning gratis bagi para pencari kerja. "Kami berikan arahan. Hanya saja jika ada penerimaan pegawai CPNS permintaan kartu kuning meningkat," ungkapnya. Lauma menambahkan, pengurusan kartu kuning gratis. "Dan tidak mencapai satu jam. Syaratnya cukup KTP, ijazah terakhir dan pas foto," tambahnya.

Terpisah, warga Bolmut Rihma M mengatakan, kalau pengangguran setiap tahun bertambah, pemerintah harus ada langkah strategis bagaimana caranya agar lulusan SMK/SMA dan sarjana ini bisa bekerja.”Jangan hanya menunggu penerimaan CPNS. Sedangkan sekarang masih motorium penerimaan CPNS,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah harus berpikir keras dan cerdas untuk menyelesaikan pengangguran kalau tidak angka pengangguran terus bertambah.”Kalau perlu membuat pelatihan khusus bagi lulusan SMA/SMK yang tidak meneruskan kuliah, supaya mereka dibekali keterampilan sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru,” sebutnya.”Sedangkan sarjana jangan hanya berharap jadi PNS, tetapi berinovasilah  menjadi wirausaha yang sukses,” pungkasnya. (tr-05/ite)

Kirim Komentar