22 Feb 2018 10:16

OD: Tol Manado-Bitung Jalan Terus

MyPassion

MANADO–Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey (OD) menegaskan tidak ada moratorium atau penghentian sementara pembangunan jalan tol Manado-Bitung. Ini menyusul terbitnya instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memberhentikan sementara beberapa proyek jalan tol.

 

"Tidak bisa itu dihentikan (jalan tol Manado-Bitung, Red). Instruksi yang dikeluarkan menteri hanya untuk mengevaluasi. Dan bersifat sementara, bukan menghentikan. Jadi tidak ada moratorium," ujarnya, kemarin (21/2).

Dia menegaskan, proyek tol tersebut harus terus berjalan sesuai target. Pemerintah provinsi pun, lanjutnya, akan  terus mengontrol perkembangan dan keamanan jalan tol Manado-Bitung.

Di tempat lain, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Perwakilan Sulut melalui Satuan Kerja (Satker) Tol, Giri Yudhono, mengakui belum mendapatkan surat pemberitahuan resmi untuk memberhentikan sementara proyek infrastruktur jalan tol Manado-Bitung. Menurutnya, informasi tersebut telah banyak dibaca melalui media. Namun pihak BPJN, selaku instansi pemerintah, harus diberitahukan melakui surat resmi.

“Jadi kita harus tunggu perintah dari pusat, melalui surat resmi baru bisa memberhentikan sementara proyek fisiknya. Namun sampai sekarang tidak ada instruksi, jadi di lapangan kita masih jalan. Tim juga terus bekerja di lapangan, untuk mencapai target yang ditentukan," ungkapnya.

Lanjutnya, kalau tahapan pekerjaan nanti sudah pada bagian atas atau konstruksi jembatan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pusat. Karena menurutnya, bagian tersebut yang beresiko. Jadi harus dipersiapkan dengan matang.

"Beberapa daerah terjadi masalah karena pada konstruksi atas. Itu yang memang bahaya jika tidak hati-hati. Jadi nantinya kita harus berkoordinasi dengan pusat. Kalau sekarang kita masih pada pekerjaan di bagian yang aman, yaitu pada bagian dasar, belum sampai pekerjaan di bagian atas," ungkapnya.

Giri mengatakan, di jalan tol Manado-Butung akan ada 14 jembatan. Dan menurutnya tidak semuanya bentang panjang. Namun dia mengakui, ada beberapa jembatan agak berbahaya karena tinggi di atas 20 meter. Bahkan ada juga yang panjang sampai 300 meter.

12
Kirim Komentar