21 Feb 2018 13:29

Tipikor Polda Godok MaMi Bolmut

MyPassion
Ibrahim Tompo

MANADO—Dugaan korupsi anggaran Makan-Minum (MaMi) fiktif, di Sekretariat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) medio 2012, masih digodok penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulut.

Saat dikonfirmasi, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, melalui Kabid Humas Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, kasus ini masih berstatus P19 (berkas masih dilengkapi polisi). “Kasus tersebut masih bergulir. Namun berkas kasus dikembalikan oleh jaksa penuntut umum untuk diperbaiki,” ungkap Tompo, di Mapolda, Selasa (20/2) kemarin.

Meski terkesan lambat, namun Tompo menegaskan berkas yang dikembalikan akan diperbaiki sebaik mungkin. “Biasanya materi P19 tidak untuk diekspose. Tapi secara umum apa yang menjadi petunjuk JPU, akan kita penuhi. Setelah itu berkas perkara segera kita kirim kembali untuk diproses kejaksaan,” ulas mantan wadireskrimsus Polda Maluku Utara ini.

Disinggung apakah masih akan ada tersangka baru? Menurut Tompo semua tergantung proses penyelidikan dan penyidikan terhadap saksi dan barang bukti. “Penyidik pasti bertindak profesional,” tandas perwira tiga melati tersebut.

Diketahui, perkara Mami Bolmut ini, sudah mulai diusut Polda sejak Oktober 2013 silam. Dalam proses penyelidikan yang panjang, penyidik Tipikor sempat memanggil pihak-pihak terkait ke Mapolda untuk memberikan keterangan. Pengusutan berawal dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas LKPD 2012 Pemkab Bolmut. Atas kejanggalan tersebut, BPK akhirnya memberikan penilaian opini disclaimer.

Menindaklanjuti temuan tersebut, penyidik Tipikor Polda juga sudah sempat melakukan penggeledahan, serta penyitaan dokumen negara di rumah pribadi mantan Bendahara Pemkab Bolmut. Sejumlah dokumen terkait dugaan korupsi dana APBD 2012 dan 2013 di antaranya, dokumen MaMi di Sekretariat Kabupaten Bolmut tahun 2012, Laporan Pertanggungjawaban (LPj) 2013, telah disita sebagai barang bukti.(ran/gnr)

Kirim Komentar