21 Feb 2018 08:51

SHS: Terima Kasih Presiden Jokowi

MyPassion
TUGAS BARU: Sinyo Harry Sarundajang menjadi dubes untuk Filipina, Kepulauan Marshall dan Republik Palau.Foto: Jawapos

JAKARTA—Tampilnya putra kawanua, Sinyo Harry Sarundajang (SHS) sebagai duta besar (dubes) di Filipina sangat menguntungkan. Sulut punya kepentingan keamanan juga ekonomi. Kelompok radikal di Mindanao yang sangat dekat dengan Sulut, selama ini mengancam keamanan daerah ini. Karena itu dengan ditempatkannya SHS, akan mampu menyelesaikan hambatan dan ancaman tersebut.

Apalagi SHS berpengalaman mampu melumpuhkan kelompok garis keras seperti Laskar Jihad di Maluku dan Maluku Utara. SHS bahkan mampu merangkul panglima Laskar Jihad Djafar Umar Talib menjadi kawan. Sehingga Djafar membubarkan kelompoknya yang sempat mengacaukan sejumlah daerah di Indonesia.

SHS mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas kepercayaan yang diberikan sebagai dubes. "Terima kasih Presiden Jokowi. Saya sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada saya. Saya akan laksanakan tugas ini sebaik-baiknya," katanya.

Mantan gubernur Sulut dua periode itu mengatakan, sebagai dubes baru, salah satu tugas yang akan diembannya adalah meningkatkan investasi dan perdagangan antara Indonesia-Filipina. "Tugas kami meningkatkan ekspor dan mendorong arus masuk investasi ke Indonesia. Penekanannya adalah bidang ekonomi," katanya.

Terpisah, Roy Octavian Roring (ROR), mantan bahwan SHS sewaktu menjabat Gubernur Sulut, memberikan apresiasi. Menurut ROR, SHS memang layak dipercaykan jabatan dubes oleh Jokowi. “Pak SHS kemampuan diplomasi dan wawasannya sangat luas. Saya selama 10 tahun menjadi bawahannya, banyak menimbah ilmu positif. Warga Sulut tentunya sangat berbangga,” ujarnya calon bupati Minahasa ini.(ran/can)

 

 

Kirim Komentar