21 Feb 2018 15:01
Panwas Warning Titik Pemasangan APK

Ingat!!Tidak Ada Posko Pemenangan di Desa/Kecamatan

MyPassion
DIBATASI: Nantinya bendera maupun spanduk parpol sebagai dukungan paslon dalam Pilkada Minahasa akan ditertibkan berhubung aturan terkait pemasangan APK oleh KPU dan Panwas. Foto: Foggen Bolung/MP

TONDANO—Pemasangan alat peraga kampanye (APK) rentan terhadap pelanggaran. Pasalnya, di beberapa titik, pemasangan APK tidak bisa dikontrol. Padahal, KPU dan Panwas Minahasa sudah memberikan titik-titik pemasangan APK di wilayah Minahasa.

Ketua Panwas Kabupaten Minahasa Donny Rumagit melalui anggota Rendy Umboh menegaskan, APK milik partai, paslon atau simpatisan yang dipasang tidak sesuai aturan harus dicabut. Batas waktu pencabutan 1x24 jam sejak penyerahan APK kemarin (20/2).

Karena, nantinya hanya APK yang diedarkan KPU Minahasa yang dipasang, sesuai kesepakatan bersama. “Kami harap dalam pemasangan APK sesuai dengan yang disepakati bersama. Tidak ada APK yang dipasang selain yang dikeluarkan KPU,” ucap Umboh di sela-sela penyerahan APK bersama KPU dan LO dari dua paslon, kemarin.

Lebih lanjut, Umboh menambahkan, Panwas tidak segan menindak jika ada paslon yang tidak taat aturan terkait pemasangan APK. “Sesuai dengan kesepakatan, tidak ada posko di tiap desa dan kecamatan. Itu menjadi persetujuan bersama, intinya gabungan parpol ikut sesuai yang disepakati,” tegasnya. Umboh menambahkan, setiap pelanggaran akan ditindak sesuai dengan peraturan.

Di sisi lain, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan, untuk pemasangan APK, tim pemenangan paslon harus berkoordinasi dengan   pelaksana tingkat kecamatan dan desa. Yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Saat pemasangan APK nanti, kami harap tim pemenang paslon dapat menghubungi PPK maupun PPS. Karena mereka yang lebih tahu terkait lokasi pemasangan,” ujar Tinangon.

Dia menegaskan, dalam waktu 1x24 jam semua APK yang dipasang sendiri sudah diturunkan.  Adapun APK yang disalurkan KPU kepada masing-masiong paslon sebanyak 5 pasang baliho ukuran 2X3 meter dan 10 pasang spanduk dengan bercapkan KPU Minahasa. (fgn)

Kirim Komentar