20 Feb 2018 12:56

Selamat!!!Dilantik Jokowi, Dua Putra Sulut Jadi Dubes di Cina dan Filipina

MyPassion
Presiden Joko Widodo melantik 17 Dubes di Istana Negara, hari ini (20/2) di istana negara. Foto: Facebook Vanda Sarundajang

MANADOPOST-Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Djauhari Oratmangun dilantik Presiden Jokowi menjadi Duta Besar (Dubes), hari ini (20/2). SHS Dubes Republik Indonesia untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau berkedudukan di Manila  dan Djauhari Dubes Republik Indonesia untuk Cina merangkap Mongolia berkedudukan di Beijing. SHS dan Djauhari dilantik bersama 15 dubes lainnya di istana negara.

Pelantikan diawali pembacaan Keputusan Presiden Nomor 30p Tahun 2018 dan 31p Tahun 2018 tentang Pengangkatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh oleh Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretariat Negara. kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah jabatan dan sesi pengucapan salam.

Sekadar diketahui, SHS dinilai tepat. Dia berteman akrab dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Pertemanan keduanya terjalin saat SHS masih Wali Kota Bitung dan Duterte Wali Kota Davao. Bahkan saat Duterte dilantik Filipina 1, SHS diundang khusus.

Tak hanya itu. SHS yang sukses mendamaikan Maluku dan Maluku Utara dinilai tepat untuk menaklukkan atau menghalangi organisasi ISIS di Filipina Selatan. Termasuk ada ribuan warga negara Indonesia yang tidak memiliki status kewarganegaraan. Pun maraknya pencurian ikan.

Sedangkan Djauhari dinilai tepat mengingat turis-turis Tiongkok paling banyak berdatangan ke Manado. Apalagi sudah ada penerbangan langsung Manado-Tiongkok. Negeri berpenduduk terbesar di dunia itu dikenal sebagai negara dengan ekonomi nomor satu sejagad raya

SHS merupakan Gubernur Sulut dua periode (2005-2010) dan (2010-2015). Sementara Djauhari Oratmangun, diplomat handal kelahiran Sulut 22 Juli 1957. Dirinya juga sudah kenyang dengan pengalaman bertugas sebagai Dubes.

(mpo)

Berikut 17 Duta Besar yang dilantik oleh Jokowi:

  1. Ade Padmo Sarwoni, Duta Besar Republik Indonesia untuk ASEAN di Jakarta
  2. Sudirman Haseng sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kamboja di Phnom Penh.
  3. Inspektur Jenderal Iza Fadri sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Myanmar di Yangon.
  4. Marina Estella Anwar Bey sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Peru merangkap Bolivia berkedudukan di Lima.
  5. Niniek Kun Naryatie sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Argentina merangkap Paraguay dan Uruguay berkedudukan di Buenos Aires.
  6. Djauhari Oratmangun sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Cina merangkap Mongolia berkedudukan di Beijing.
  7. Sudjatmiko sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam berkedudukan di Bandar Sri Begawan.
  8. Todung Mulya Lubis sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Norwegia merangkap Islandia berkedudukan di Oslo.
  9. Arif Havas Oegroseno sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman berkedudukan di Berlin.
  10. Hermono sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Spanyol merangkap UNWTO atau The World Tourism Organization berkedudukan di Madrid.
  11. RP Pratito Soeharyo sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Laos berkedudukan di Vientiane
  12. Hersindaru Arwityo Ibnu Wiwoho Wahyutomo sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal berkedudukan di Lisbon.
  13. M. Amhar Azeth sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Rumania merangkap Moldova di Bucharest.
  14. Muliaman Darmansyah Hadad sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss merangkap Liechtenstein berkedudukan di Bern.
  15. Raden Mohammad Benyamin Scott Carnadi sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribari, Republik Nauru, dan Tuvalu berkedudukan di Suva.
  16. Sinyo Harry Sarundajang sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Republik Palau berkedudukan di Manila.
  17. Rossalis Rusman Adenan sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Sudan merangkap Eritrea berkedudukan di Khartoum.

          Sumber: Tempo.co

Kirim Komentar