17 Feb 2018 08:00

Senin, Minta Restu Cap Go Meh

MyPassion
DINANTI WARGA: Prosesi Goan Siau Cap Go Meh di Kampung Cina, Kecamatan Wenang, Manado, 11 Februari 2017.

MANADO—Ritual Cap Go Meh 2 Maret nanti, bakal jadi puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2569. Tapi sebelum itu, akan dilakukan proses meminta restu, yakni upacara Po Poe, Senin (19/2) mendatang. “Po Poe adalah upacara meminta restu dari atas untuk menggelar Toa Pek Kong (Cap Go Meh, red). Biasa digelar H+3 dari Imlek. Jadi jatuh pada Senin nanti. Sekitar jam 11 siang prosesinya,” jelas Ketua Gerakan Muda Tridharma (Gemtridha) Kelenteng Ban Hing Kiong Marcel Rasubala, Jumat (16/2).

 

Upacara itu nantinya akan diikuti seluruh umat Kelenteng Ban Hing Kiong, beserta petugas sembahyang atau istilahnya Taoke. "Nah nanti di tengah upacara sembahyang, Taoke ini akan memegang batu Po Poe dan bermohon agar supaya prosesi Cap Go Meh bisa direstui dan akan keluar. Setelah bermohon Taoke akan melepas atau membanting batu Po Poe ke lantai. Jika direstui batu Po Poe posisinya satu terbuka dan yang satu lagi tertutup," tambah Sekretaris Panitia Perayaan Imlek Raymond Tulenan.

Jika batu Po Poe dua-duanya tertutup, maka artinya Bo Sio Poe atau tidak direstui untuk keluar. "Biasanya pada saat prosesi semua ketua-ketua kelenteng di Manado akan berkumpul di Kelenteng Ban Hing Kiong untuk menyaksikan prosesi tersebut," tukas Tulenan.

Lanjut Rasubala, sebelum prosesi Po Poe, ada upacara khusus yang disebut Shio Ciong. "Ada empat shio yang berbenturan di tahun ini. Shio anjing, shio naga, shio kerbau dan shio kambing. Hal ini akan menyebabkan ke empat shio itu mengalami perubahan yang cukup signifikan. Secara tidak disadari akan sering mengalami yang namanya kegelisahan hati dan emosi yang kurang stabil," jelasnya.

Upacara itu bertujuan meminta keberkahan atau menolak segala macam ketidakberuntungan bagi yang shionya bertentangan di tahun 2018. Bagi keturunan Tionghoa, biasanya dengan cara menyelenggarakan resepsi sukacita. Resepsi sukacita dapat berupa pernikahan, kelahiran anak atau cucu, dan juga keberhasilan dalam membeli properti di tahun 2018.

"Bisa juga mengadakan pesta ulang tahun ataupun menghadiri acara pernikahan. Intinya adalah harus meriah penuh sukacita agar keberuntungan menjadi lebih baik lagi dan kondisi hati serta emosi bisa terkendali. Sementara yang paling dilarang adalah menghadiri acara yang berhubungan dengan kesedihan, seperti melayat ke rumah duka atau pun menjenguk orang sakit. Nah, upacara Shio Ciong itu biasa digelar sehari sebelum prosesi Bo Poe. Mungkin besok dimulainya (hari ini, red)," pungkas Marcel.

Terpisah, terkait pengamanan prosesi Toa Pek Kong, Polresta Manado secara ketat akan menjaga kelancaran acara. "Kami akan kerahkan minimal 60 persen kekuatan personil untuk jaga perayaan Cap Go Me nanti," ungkap Kapolresta Manado Kombes Pol FX Surya Kumara.

Dia menambahkan, pihaknya telah lakukan pengamanan ketat dan maksimal sejak perayaan pisah sambut kemarin malam. "Yang menjadi sasaran selain keamanan, kita juga akan melakukan penertiban. Penertiban terkait kendaraan dan rekayasa lalu lintas, di mana yang bisa parkir, atau pun di mana titik yang akan ditutup. Karena prosesi ini akan sangat meriah, jadi kami juga himbau masyarakat untuk bisa tertib dan menjaga keamanan selama menonton," pungkas mantan Kapolres Minsel itu.(ran/tan)

Kirim Komentar