17 Feb 2018 09:56
Malam Imlek di Kotamobagu Meriah

Sembahyang Bwe Ge Sambut Tahun Baru

MyPassion
KHUSYUK: Umat Tridharma Kota Kotamobagu menggelar sembahyang Bwe Ge di Klenteng Tian Shang Shen Mu Khung, Kelurahan Mongkonai Barat, Kamis (15/2) malam. Foto: Lerby Tamuntuan/MP

KOTAMOBAGU—Perayaan malam Tahun Baru Imlek di Kota Kotamobagu, berlangsung meriah, kemarin malam. Sebelum perayaan, puluhan umat Tridharma Kota Kotamobagu menggelar sembahyang Bwe Ge di Klenteng Tian Shang Shen Mu Khung, Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

 

Ketua Klenteng Henny Lapian mengatakan, sembayang Bwe Ge merupakan ungkapan syukur seluruh umat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat sepanjang tahun yang telah dinikmati.

“Ini momentum di mana kita melakukan ritual sembahyang kepada Tuhan dengan ungkapan syukur serta mohon ampun kemudian bermohon kiranya memasuki tahun yang baru ini diberi kesehatan, keberuntungan dan dijauhkan dari segala malapetaka,” kata perempuan yang akrab disapa Ci Non ini.

Umat Tridharma KK, malam itu juga kedatangan orang nomor satu di Kota Kotamobagu, Pjs Wali Kota Kotamobagu Rudy Mokoginta, bersama rombongan lainnya.

Asisten II Pemprov Sulut ini pun menyampaikan selamat merayakan Tahun Baru Imlek. "Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kotamobagu, saya mengucapkan selamat merayakan hari raya Imlek 2569 kepada umat. Semoga kita semua selalu diberikan berkat dan kesuksesan oleh Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Usai memberikan sambutan wali kota lansung menuju lantai dua kelenteng untuk menyalakan kembang api, sebagai tanda dimulainya perayaan malam Tahun Baru Imlek.

Acara tersebut pun menarik perhatian warga. Sekira pukul 00.00 WITA,  ratusan warga sudah memenuhi area kelenteng guna melihat langsung pesta kembang api.

Tampak hadir, Kapolres Bolmong AKBP Gani Siahaan, Kabag Ops Kompol Effendi Tubagus, Kapolsek Urban Kotamobagu Kompol Ruswan Buntuan, Kodim 1303/BM diwakili Lettu Felix Rawung, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Agung Adati, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Bambang Ginoga, Camat Kotamobagu Barat Sumitro Potabuga, dan Lurah Mongkonai Barat Yusuf Darwis. Acara berjalan aman dengan penjagaan ketat aparat Polres Bolmong.(cw-03/tan)

Kirim Komentar